Benarkah kopi meningkatkan resiko tekanan darah tinggi? Yuk kita simak penjelasannya.

Tekanan darah tinggi adalah kondisi medis saat tekanan darah di arteri meningkat. Tekanan darah normal terjadi dalam kisaran sistolik 100-140 mmHg dan diastolik 140/90 mmHg. Sementara itu, tekanan darah rendah tinggi terjadi bila tekanan darah berada di atas 140/90 mmHg dan dianggap parah bila mencapai 180/120 atau lebih. Jika tidak diobati, penyakit yang disebut juga dengan hipertensi ini akan menyebabkan masalah kesehatan seperti jantung dan stroke.

Meminum kopi sering “dituduh” sebagai salah satu penyebab tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Hal ini karena kopi mengandung kafein. Apakah benar kafein pada kopi dapat memicu penyakit-penyakit tersebut?

Meminum Kopi Meningkatkan Tekanan Darah, Tapi…

Sebuah ulasan dari 34 penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 200-300 mg kafein dari kopi atau kira-kira 1,5-2 cangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah sekitar 8 mmHg dan 6 mmHg. Efek ini kemudian diamati selama tiga jam. Hasil menunjukkan bahwa tekanan darah kembali menjadi normal seperti sebelum meminum kopi. Studi ini juga menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur tidak menimbulkan peningkatan tekanan darah.

Melalui penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ENDEUSiast mungkin akan mengalami peningkatan tekanan darah setelah meminum secangkir kopi. Apalagi jika ENDEUSiast jarang minum kopi. Namun, peningkatan tekanan darah yang terjadi hanya sedikit dan bersifat sementara. Jika ENDEUSiast rutin meminum kopi, efek ini lama-lama akan berkurang.

Efek Jangka Panjang Meminum Kopi

Telah kita ketahui bersama bahwa kopi memang akan meningkatkan tekanan darah tapi hanya efek jangka pendek. Lalu, bagaimana dengan efek jangka panjang?

Bagi ENDUSiast yang memiliki tekanan darah tinggi, tidak perlu takut kopi akan meningkatkan tekanan darahmu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara rutin tidak akan memberikan dampak signifikan terhadap tekanan darah atau meningkatkan resiko penyakit jantung.

Kopi malah dapat memberi beberapa manfaat kesehatan, loh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minum 3-5 cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 15% dan menurunkan resiko kematian dini. Kopi juga mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki efek antioksidan yang kuat. Antioksidan dapat mengurangi stres oksidatif dalam tubuhmu.

Lalu, Apakah Orang yang Memiliki Darah Tinggi Harus Menghindari Kopi?

Bagi kebanyakan orang yang mengonsumsi kopi tidak memiliki efek signifikan terhadap tekanan darah atau resiko penyakit jantung bahkan jika ENDEUSiast telah didiagnosi menderita tekanan darah tinggi. Kopi malah memberikan manfaat kesehatan.

Akan tetapi, mengonsumsi kafein secara berlebihan tidak disarankan terutama jika ENDEUSiast sudah memiliki penyakit hipertensi. Perlu diingat, bahwa mengonsumsi makanan atau minum yang berlebihan dapat menyebabkan efek negatif pada tubuh, tidak terkecuali kopi.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur dibarengi dengan makan makanan yang sehat seperti sayur dan buah-buahan, serta memenuhi kebutuhan protein tetap menjadi cara terbaik untuk menjaga tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Cobain deh Resep Salad Buah Yoghurt yang dijamin sehat dan segar.

Setelah mengetahui faktanya, ENDEUSiast tidak perlu khawatir lagi mengonsumsi kopi, ya. Berfokus pada pola hidup yang sehat jauh lebih penting daripada mengkhawatirkan asupan kopi.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.