Awali hari meminum kop dianggap mampu memberikan energi beraktivitas seharian. Apakah benar mengkonsumsi kopi harus dilakukan pagi hari?

Adakah yang memiliki kebiasaan harus mengkonsumsi kopi di pagi hari sebelum beraktivitas? Kegiatan ini memang menyenangkan, karena ENDEUSiast pasti akan merasa semangat untuk beraktivitas. Tapi, tahukah ENDEUSiast kalau mengkonsumsi kopi di pagi hari sebenarnya tidak baik untuk kesehatan.

Minum Kopi di Pagi Hari Dapat Mengganggu Toleransi Tubuh Terhadap Kafein

Kapan waktu terbaik untuk minum kopi? Jawabannya adalah saat kadar hormon kortisol rendah, padahal saat pagi hari hormon kortisol sedang berada di puncak tertinggi. Inilah alasan mengapa seseorang bisa kecanduan mengkonsumsi kopi, karena dibutuhkan kadar kafein yang banyak untuk mengungguli tingginya kadar hormon kortisol.

Hormon kortisol disebut juga sebagai hormon stress yang berperan dalam meningkatkan kewaspadaan. Hormon ini berguna untuk mengubah cadangan energi menjadi gula agar mudah dimanfaatkan tubuh sebagai bahan bakar.

Hormon kortisol berguna sama seperti yang akan kita dapat saat kita menggonsumsi kafein. Inilah sebabnya tinggi hormon kortisol akan bertabrakan dengan kafein. Akan ada fungsi ganda di antara kafein dan kortiso, sehingga manfaat kopi jutru tidak bekerja efektif.

Pertengahan Pagi Antara 09.30-11.30

Ada tiga waktu dimana hormon kortisol mencapai puncak tertinggi, yakni sekitar pukul 08.00-09.00, 12.00-13.00, dan terakhir 18.00-19.00. Melihat jam diatas, sebaiknya tahan diri untuk tidak mengkonsumsi kopi sebelum jam tersebut. Menurunnya hormon kortisol biasanya terjadi saat pukul 09.30-11.30. Saat inilah ENDEUSiast bisa mengkonsumsi kopi, karena kopi akan bekerja maksimal untuk memberikan suntikan semangat.

Ahli gizi menyarankan waktu minum kopi sebaiknya berakhir sebelum jam makan siang dengan waktu masksimal hingga pukul 14.00. Jika ingin minum, gantilah dengan jus buah dengan madu sebagai ganti gula pasir.

Sebelum Olahraga

Kopi ternyata juga baik lho dikonsumsi sebelum olahraga. Mengkonsumsi kopi sebelum berolahraga dapat membantu kita agar mampu mengangkat beban lebih berat serta berlari lebih cepat.

Kopi juga cepat diserap oleh aliran darah, sehingga kopi dapat membantu meningkatkan performa dan energi. Konsumsi kopi minimal 30 menit sebelum memulai olahraga untuk mendapatkan hasil maksimal. Penelitian membuktikan kafein dapat membantu meningkatkan metabolisme hingga 3-11 persen untuk membakar lemak.

Jangan Konsumsi Kopi Saat Malam Hari

Di dalam tubuh kita, kafein bisa bertahan hingga 6 jam. Mengkonsumsi kopi di malam hari juga dapat mengganggu kualitas tidur kita.masing-masing orang memiliki tolerasi yang berbeda terhadap kafein. Jadi sebaiknya stop minum kopi setelah pukul 14.00.

Itulah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi kopi. Masih mau mengkonsumi kopi di pagi hari? Bukan hanya kopi saja, namun hidangan yang mengandung kopi juga harus dikurangi seperti Es Kopi Jeli dan Coffe and Milk Cubes

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.