Cara penyajian makanan di piring adalah salah satu teknik untuk membuat makanan terlihat lezat. Apa saja tekniknya? Yuk, langsung simak.

Cara menyajikan makanan di piring atau dikenal juga dengan plating adalah salah satu komponen penting untuk penyajian makanan. Seni plating ini bukanlah sekedar menghias piring ataupun meletakkan makanan sedemikian rupa. Namun ada beberapa hal yang perlu diketahui ketika melakukan plating.

Presentasi makanan yang cantik dan elok akan membuat makanan itu menjadi menggugah selera. Berikut ini beberapa tips plating yang elegan ala restoran.

1/ Komposisi bahan

Dalam seni plating, keseimbangan komposisi nutrisi dalam makanan adalah hal yang sangat penting untuk penataan piring. Keseimbangan antara makanan utama dan garnish serta saus harus diperhatikan agar hidangan terlihat indah. Selain itu, penggunaan garnish dan saus juga tidak berlebihan agar porsinya tidak mengurangi makanan utama.

2/ Less is more

Mungkin ENDEUSiast salah satu dari banyak orang yang menganggap teknik plating hanya menyajikan sedikit makanan di piring. Ya, dalam seni plating, prinsip less is more memang benar-benar diterapkan. Makanan yang sekali lahap atau one bite membuat tata piring terlihat menarik. Teknik yang sama jug bisa dilakukan untuk makanan-makanan khas Indonesia seperti klepon, rendang, dan sebagainya.

3/ Perhatikan komposisi warna

Selai komposisi makanan utama dan garnish, seni plating juga harus memperhatikan komposisi warna. ENDEUSiast harus menentukan warna utama sebagai warna dominan, kemudian warna-warna lain sebagai pelengkapnya. Hindari menggunakan makanan dengan warna yang sama karena akan membuat plating makanan terlihat kurang menarik.

4/ Sisakan white space pada piring

Hal lain yang sering diperhatikan dari seni plating adalah chef profesional cenderung menggunakan piring yang besar untuk menjadikan makanan. Penggunaan piring yang besar dan hidangan yang kecil akan menyisakan ruang yang rapi dan elegan. Selain itu, white space pada piring juga memberikan tampilan bersih. Sehingga makanan tidak asal ditumpuk begitu saja di piring.

5/ Keserasian dan keharmonisan bentuk makanan

Makanan yang disajikan dengan teknik plating juga harus memperhatikan keserasian dan keharmonisan bentuk makanan. Setiap komponen makanan harus dipotong dengan bentuk yang bervariasi agar memberikan keharmonisan bentuk. ENDEUSiast juga bisa menyajikan makanan dengan bentuk asimetris untuk membuat plating makanan terlihat indah.

Selain itu, plating makanan sebaiknya menggunakan jumlah yang ganjil. Misalnya ada akan menyajikan tempe goreng atau roti tawar goreng dalam jumlah yang ganjil di piring misalnya tiga, lima, tujuh, dan sebagainya. Kemudian susun makanan dalam jumlah ganjil tersebut sedemikian rupa sehingga terlihat lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.