Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sayur daun pepaya terkenal dengan rasanya yang pahit. Simak beberapa cara berikut untuk menghilangkan rasa pahitnya.

Pepaya merupakan salah satu jenis buah yang bisa diolah menjadi apapun seperti rujak buah. Tidak hanya buahnya saja yang bisa dimakan namun bagian daun juga bisa ENDEUSiast olah menjadi obat atau masakan yang lezat. Aslinya daun pepaya memiliki kandungan gizi yang tinggi tetapi karena rasanya yang sangat pahit membuat orang enggan untuk memakannya.

Sebenarnya hal tersebut bisa ENDEUSiast atasi asalkan mengetahui cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Bagi yang belum mengetahui caranya lebih baik simak tipsnya dibawah ini.

1/ Direndam dengan Gula Pasir

Rasa manis pada gula pasir dipercaya dapat menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Untuk mengolahnya, ENDEUSiast cukup menyiapkan rendaman air yang sudah tercampur gula pasir secukupnya. Masukkan daun pepaya yang akan dimasak lalu rendam didalam air gula pasir dan diamkan selama 1 jam. Bila telah selesai direndam jangan lupa untuk dicuci terlebih dahulu baru diolah menjadi masakan.

2/ Direndam dengan Garam

Jika tadi menggunakan gula maka cara yang satu ini menggunakan garam dapur. Asin yang terdapat pada garam dapur bisa mengurangi rasa pahit yang ada di daun pepaya. Rasa pahit pada daun pepaya akan terserap dalam garam.

Sama halnya dengan cara yang diatas, ENDEUSiast hanya perlu merendam daun pepaya didalam air garam dapur. Gunakan garam secukupnya saja. Diamkan selama 1 jam lalu cuci hingga bersih sembari ditiriskan dengan cara diremas.

3/ Direndam dengan Asam Jawa

Asam jawa tidak hanya digunakan sebagai pemberi rasa asam pada masakan namun juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. Untuk mengolahnya, ENDEUSiast harus mencuci bersih terlebih dahulu daun pepaya dan potong sesuai selera.

Setelah itu letakkan pada wadah dan barulah ENDEUSiast campurkan asam jawa ke wadah yang telah diisi daun pepaya. Untuk cara yang satu ini tidak perlu waktu yang lama, ENDEUSiast hanya membutuhkan waktu sekitar 15 sampai 20 menit barulah setelah angkat daun pepaya dan pindahkan ke wadah lainnya.

4/ Direndam dengan Daun Jambu Biji

Jambu biji terkenal dengan khasiatnya yang dapat mengobati diare. Selain buahnya, ternyata daunnya juga bisa ENDEUSiast manfaatkan untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. Caranya sederhana, rebus daun pepaya lalu masukkan daun jambu biji secukupnya dan rebus hingga mendidih.

Kini ENDEUSiast sudah punya bayangan kan bagaimana cara menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya. ENDEUSiast tidak perlu khawatir untuk mengolah sayur daun pepaya menjadi sajian lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.