Bisakah menurunkan berat badan dengan mengganti nasi dengan kentang?

Kentang memang sudah dikenal dengan kandungan karbohidratnya seperti nasi. Makanya ada yang menghindari makan nasi berikut dengan kentang, terlebih lagi ketika makan nasi ayam di restoran cepat saji. Keduanya dihindari untuk disantap bersamaan.

Karena sama-sama memiliki karbohidrat, ada yang mengganti nasi dengan kentang untuk menurunkan berat badan alias bagi yang sedang menjalani diet. Alasan lainnya adalah kentang lebih memiliki rasa yang berbeda tergantung dengan cara mengolahnya.

Mari kita bahas lebih lanjut mengenai kandungan kentang. Terdapat kalium, vitamin C, zat besi, kalsium, vitamin B6, dan lainnya. Setelah mengonsumsi kentang perut terasa kenyang lebih lama yang membuat kita bisa mengontrol nafsu makan.

Biasanya olahan kentang yang baik untuk menurunkan berat badan adalah kentang yang direbus bukan digoreng. Selain itu kentang yang dimakan tidak dicampur dengan garam dan bahan lainnya.

Manfaat lain dari kentang adalah dengan adanya kandungan vitamin B6 bisa membuat karbohidrat dan protein menjadi glukosa dan asam amino. Keduanya sebagai bahan bakar energi yang diperlukan tubuh. Sehingga badan kita tetap bisa bertenaga.

Kentang juga kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan.

Lalu bisakah menggantikan nasi dengan kentang untuk menurunkan berat badan? Kandungan serat pada kentang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan nasi. Kalau ingin menurunkan berat badan pilihlah makanan yang nilai seratnya tinggi.

Jadi kesimpulannya mengganti nasi dengan kentang bisa banget unutk menurunkan berat badan. Tapi diolahnya juga harus diperhatikan. Untuk kentangnya jangan digoreng melainkan dikukus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada beberapa orang yang sudah menjalankan pola diet dengan hanya memakan kentang. Andrew Flinder Taylor, mantan olahragawan dari Australia salah satunya yang pernah menjalankan metode diet kentang ini. Ia berhasil menurunkan berat badan sebanyak 50kg dalam waktu satu tahun.

Tetapi perlu diketahui kalau menjalankan menu diet apapun perlu konsultasi dengan dokter khusus. Seperti yang dialami oleh Andrew, selain berhasil menurunkan berat badan, tekanan darahnya dan kadar gulanya pun ikut turun.

Nah, adakah di antara kalian yang memanfaatkan momen berpuasa sambil diet dengan mengganti nasi menjadi kentang? Perlu diperhatikan juga ya bahan-bahan pendamping lainnya agar semua kebutuhan nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi. Sehingga ibadah berpuasa kita di bulan Radaman ini tidak terganggu dengan apapun.

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.