Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu merupakan bagian penting dari masakan. Di Asia, bumbu memiliki cita rasanya masing-masing tergantung dari jenis masakan yang dibuat.

Sekalipun berada dalam satu benua Asia, tetapi seperti Indonesia, Cina, Korea, Jepang dan negara Asia lainnya memiliki ciri khas bumbu masing-masing. Penggunaan bumbu memang memegang peranan penting dalam menciptakan masakan yang lezat dan harum. Bila tidak ingin menghasilkan aroma bumbu yang kuat maka bisa mengurangi penggunaan bumbu.

Di berbagai negara Asia, banyak menggunakan bawang bombay, bawang merah dan bawang putih sebagai bumbu utama. ENDEUSiast tertarik untuk membuat masakan ala Asia? Sebelum memasaknya, kenali dahulu macam-macam bumbu agar tidak salah memilih.

1/ Daun Ketumbar

Daun ketumbar atau coriander leaf ini bila dilihat sekilas bentuknya nyaris sama dengan daun seledri. Daun ketumbar memiliki aroma yang khas, sehingga sering dijadikan sebagai bahan untuk menghilangkan rasa amis pada bahan olahan daging, ayam atau ikan.

Ada beragam cara untuk mengolah daun ketumbar, bisa dengan dipetik daunnya atau diiris halus. Salah satu masakan Asia yang menggunakan daun ketumbar sebagai bumbunya adalah sup tom yum yang merupakan kuliner khas Thailand.

2/  Szechuan pepper

Bumbu selanjutnya yang perlu ENDEUSiast kenal adalah Szechuan pepper . Bumbu ini banyak digunakan untuk sajian negara Tiongkok terutama di daerah Szechuan. Sekalipun sama-sama bernama lada, tetapi berbeda dengan lada yang ada di Indonesia. Bumbu asal Tiongkok ini ukurannya kecil seperti lada, serta aroma dan rasa yang tidak terlalu menyengat bila dibanding lada Indonesia.

Bumbu masakan yang satu ini banyak digunakan untuk makanan oriental sejenis bebek dan ayam, yang diolah dalam bentuk utuh maupun sudah ditumbuk. Jika ENDEUSiast susah menemukan lada Szechuan, maka bisa mencari penggantinya yaitu andaliman karena keduanya memiliki citra rasa dan aroma yang hampir sama.

3/ Thai Basil

Thai Basil memiliki tampilan yang menyerupai daun kemangi, hanya saja bentuknya lebih kecil. Di Thailand dan Vietnam. Thai basil sangat terkenal karena banyak digunakan pada kuliner khasnya. Jika kita mencium aromanya akan terasa seperti daun kemangi. Maka tidak heran bila bumbu yang satu ini sering dijadikan sebagai lalapan makanan dan terkadang juga menjadi campuran pada bumbu masakan.

4/ Lemon Cui

Lemon cui atau biasa disebut dengan liman kacau atau lemon Cina ini banyak digunakan pada masakan Sumatera dan Sulawesi. Aroma harum dari jeruk, serta rasanya yang sangat asam bisa dijadikan sebagai penghilang bau amis pada ikan maupun daging dan bisa juga sebagai pemberi rasa segar pada masakan.

Itulah beberapa bumbu segar dari berbagai negara di Asia. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi ENDEUSiast ya.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.