Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Install

Ingin memasak tim ikan tapi takut amis? Tenang, berikut ini ada beberapa cara mudah memasak tim ikan tanpa bau amis.

Tim ikan adalah salah satu olahan ikan yang sehat dan lezat. Proses pemasakan ikan yang dikukus dirasa lebih sehat karena ikan tidak akan mengandung lemak jahat akibat digoreng dan vitamin pada ikan pun tidak banyak hilang. Namun, salah satu masalah utama ketika membuat tim ikan adalah bau amis yang membuat masakan ini menjadi kurang sedap.

Berikut ini beberapa tips sederhana membuat tim ikan supaya tidak berbau amis.

1/ Pilih Ikan Segar

Salah satu kunci kelezatan tim ikan adalah ikan yang segar. Ikan yang segar memberikan rasa yang manis dan gurih alami. Meskipun semua ikan berbau amis, namun ketika ikan dalam keadaan segar, aroma amisnya tidak terlalu tajam. Lain halnya dengan ikan yang kurang segar, bau amis akan menyengat bahkan setelah diberikan bumbu-bumbu.

2/ Pastikan Ikan Benar-Benar Bersih

Selain jenis ikan yang segar, ikan juga harus dalam keadaan benar-benar bersih terutama pada bagian perut. Kotoran ikan yang ada di dalam perut bisa menyebabkan rasa pahit ketika dimakan. Oleh karena itu, pastikan bagian perut dan kepala ikan sudah bersih dari organ-organ yang menyebabkan bau amis. Agar bau amis ikan juga hilang, ENDEUSiast bisa memberikan perasan air jeruk nipis dan garam, lalu diamkan selama beberapa saat. Dengan cara ini, ikan akan bersih dan tidak berbau amis.

3/ Kukus Ikan Terlebih Dahulu

Salah satu trik membuat tim ikan yang lezat adalah dengan mengukus ikan sebanyak dua kali. ENDEUSiast bisa mengukus ikan selama lima menit pertama, kemudian buang air pada ikan. Setelah itu, baru ENDEUSiast bisa mengukus ikan dengan saus dan bumbu-bumbu selama kurang lebih dua puluh menit atau lebih hingga ikan benar-benar matang. Lama pengukusan bisa bervariasi tergantung dengan besarnya ikan yang digunakan.

4/ Gunakan Bumbu dan Rempah Aromatik

Untuk menghilangkan bau amis dari ikan, bisa menggunakan bumbu dan rempah aromatik. Seperti jahe, serai, kunyit, daun bawang, bawang putih, daun ketumbar, kulit jeruk nipis/lemon, dan lainnya. Penggunaan bumbu dan rempah aromatik ini selain menghilangkan aroma amis pada ikan, juga memberikan rasa dan aroma yang harum pada masakan yang dihasilkan.

5/ Tumis Bumbu Terlebih Dahulu

Karena namanya tim ikan, maka ikan dimasak dengan cara dikukus atau ditim. Sehingga ENDEUSiast perlu menumis bumbu dan saus yang akan digunakan. Dengan cara ini, bumbu dan saus bisa matang dengan sempurna. Bumbu yang ditumis terlebih dahulu akan matang dan tidak berbau langu ataupun berbau mentah yang bisa mempengaruhi rasa pada tim ikan.

6/ Segera Angkat Ikan Setelah Matang

Setelah ikan sudah matang, segera angkat ikan dari kukusan. Jangan diamkan ikan dalam kukusan yang panas karena akan membuat ikan terlalu matang.. Meskipun kompor sudah mati, namun suhu panas dalam kukusan menandakan bila proses pemasakan masih berlangsung. Oleh sebab itu, pindahkan segera ikan yang sudah matang beserta bumbunya ke dalam wadah saji.

Tim ikan sebaiknya disajikan ketika masih dalam keadaan hangat. Membuat tim ikan ternyata sangat mudah bukan, ENDEUSiast hanya perlu melakukan beberapa tips di atas untuk membuat tim ikan yang lezat dan tidak amis.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya