Anak suka nugget ayam? Daripada beli di luar lebih baik membuatnya sendiri dirumah. Lebih sehat dan bebas pengawet!

Anak ENDEUSiast suka nugget ayam? Itu pasti karena rasanya yang enak dan gurih. Bahkan ada beberapa nugget ayam yang berbentuk gambar hewan lucu yang menarik perhatian anak. selain enak, nugget juga bisa dijadikan stok makanan.

Bila suatu saat sedang lapar bisa langsung menggorengnya. Sayangnya, nugget ayam kemasan yang banyak dijual dipasaran tidak menjamin kualitasnya baik. Apalagi bila makanan ini untuk anak, daripada tidak sehat lebih baik ENDEUSiast membuat nugget ayam sendiri dirumah, lebih higienis, sehat dan lezat. Bagaimana cara membuatnya? Simak tipsnya di bawah ini.

1/ Menggunakan Daging Ayam Segar

Nugget yang enak adalah yang terbuat dari bahan berkualitas. Dalam memilih bahan untuk nugget tidak bisa sembarangan. Pilihlah daging ayam segar, bisa didapat di pasar tradisional maupun swalayan.

Perlu diingat, tidak semua bagian daging ayam bisa dijadikan nugget, jadi pilihlah bagian dada ayam karena penuh dengan daging. Untuk bagian ayam lainnya seperti paha, memiliki banyak lemak sehingga dapat mempengaruhi daya tahan dari makanan tersebut dan juga cepat memunculkan aroma tengik.

2/ Tambahkan Sayuran

Punya anak yang susah makan sayur? Jangan khawatir, ENDEUSiast bisa menyelipkan beberapa potongan sayur kedalam adonan nugget. Cara ini terbilang ampuh untuk mensiasati anak yang tidak mau makan sayur karena sudah tercampur dengan daging ayam. Jadi anak tidak akan memperhatikan adanya isian sayuran di dalam nuggetnya.

Jika daging yang digunakan harus segar maka tidak terkecuali untuk sayurannya juga harus menggunakan yang masih segar agar bisa tahan lama meskipun disimpan berhari-hari.

3/ Menggunakan Bumbu dan Tepung Berkualitas Baik

Untuk membuat nugget dibutuhkan adonan dasar yaitu berupa tepung dan telur. Pilih tepung maizena sebagai lapisan pertama pada adonan nugget setelah itu baru gulingkan di tepung roti. Jadi tepung yang satu ini berguna sebagai lapisan terluar dari nugget yang nantinya akan memberikan tekstur gurih dan krispi.

4/ Simpan di Freezer

Adonan nugget tidak bisa langsung digoreng, setidaknya letakkan dulu di freezer selama kurang lebih 20 menit agar tepung rotinya tidak hancur pada saat digoreng. Goreng nugget secukupnya lalu sisanya bisa dimasukkan kembali di freezer. ENDEUSiast bisa menyimpan nugget ayam hingga 1 bulan.

Gimana? Sangat praktis kan membuat nugget ayam kesukaan anak. untuk melihat resepnya secara lengkap bisa dilihat di resep homemade chicken nugget . ENDEUSiast tidak perlu lagi membeli dalam bentuk kemasan karena bikinan rumah lebih bersih dan menyehatkan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.