Dalam proses membuat kue, oven menjadi alat yang sangat penting untuk memanggang. Namun, apakah bisa membuat kue tanpa oven? Ikuti saja tip berikut!

Kue adalah camilan yang enak dan digemari banyak orang. Banyak cita rasa kue yang ditawarkan seperti manis, asin dan gurih. Kue terbuat dari adonan tepung. baik tepung beras, tepung sagu, tepung tapioka, maupun tepung terigu. Agar tahu jenis-jenis tepung terigu, ENDEUSiast bisa baca artikelnya di sini .

Kue di Indonesia biasa dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue kering dan kue basah. Kue kering adalah kue dengan kadar air sedikit sehingga dapat tahan disimpan lebih lama. Kue ini dibuat dengan cara dipanggang menggunakan oven. Namun, tidak semua orang memiliki oven di rumah. Jika tidak memiliki oven, ENDEUSiast masih bisa membuat kue basah yang tidak perlu menggunkan oven.

Kue basah memiliki tekstur yang empuk dan lembut. Kue basah biasa dimasak dengan cara dikukus, direbus, atau digoreng. Ku eini sangat praktis dibuat di rumah. Namun, ENDEUSiast perlu memperhatikan beberapa tips agar kuemu lezat sempurna. Yuk kita simak bersama.

1/ Jangan gunakan pewarna makanan tang cair karena membuat kuemu tidak mengembang dengan sempurna. Sebaiknya, gunakan pewarna makanan yang kental.

2/ Pilih telur yang berbentuk bulat agar mendapatkan kuning telur yang bulat dan besar. Tambahah sedikit SKM agar hasil kuemu menjadi lebih lentur.

3/ ENDEUSiast perlu mengoleskan mentega di loyang yang akan ENDEUSiast gunakan. Oleskan mentega putih sebelum menutupinya dengan kertas roti. Di atas kertas roti, ENDEUSiast harus mengoleskan mentega lagi agar kuemu tidak lengket dan mudah diangkat dari loyang. Agar kue tidak menciut, jangan oleskan mentega di bagian pinggir loyang.

4/ ENDEUSiast harus memastikan adonan kuemu rata saat ENDEUSiast masukkan ke dalam loyang. Jangan sampai adonanmu tinggi sebelah. Hal ini bertujuan agar kuemu matang dengan sempurna dan rata.

5/ ENDEUSiast bisa menggunakan pengukus untuk memasak adonan kue. Pilih kukusan berbentuk pyramid sehingga air kukusan tidak jatuh ke adonan kue. Jika tidak punya, ENDEUSiast bisa menggunakan pengukus biasa. Gunakan serbet untuk melapisi tutup pengukus. Hal berfungsi agar air kukusan tidak jatuh ke adonan kue. Jika air menetes ke adonan kue, kuemu bisa bantet.

Selain menggunakan panci, ENDEUSiast juga bisa membuat kue dengan teflon dan rice cooker. Perhatikan tip di bawah ini, ya.

1/ ENDEUSiast bisa menggunakan teflon untuk memasak air. Pilihlah teflon anti lengket sebagai pengganti panci kukusan. Pastikan adonanmu tidak terlalu tinggi agar bagian bawah adonan tidak matang lebih dulu sehingga menyebabkan gosong.

2/ Dengan menggunakan rice cooker , kuemu akan memiliki tekstur yang legit. Sebelum memasukkan adonan, lumuri rice cooker dengan mentega agar kue mudah diangkat ketika sudah matang. Setelah itu, ENDEUSiast tinggal pencet tombol masak seperti biasa. Ulangi proses memasak 3-4 kali agar kue matang sempurna.

Nah, itu tadi tips dari Endeus.tv. Sekarang ENDEUSiast tidak perlu takut lagi karena tidak memiliki oven untuk memasak kue.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.