Siapa pencinta kopi di sini? Pencinta kopi tentu tak bisa hidup tanpa kopi. Daripada membeli terus menerus, mengapa tidak mencoba menyeduhnya sendiri?

Sebagai pencinta kopi, tentu keberadaan kopi harus selalu setia menemani. Banyak penggemar minuman beraroma ini yang mengamini belum semangat beraktvitas jika belum menikmati seduhan kopi. Selain ingin menikmati rasa khas kopi, aroma kopi tentu memberi semangat tersendiri.

Membeli kopi terus menerus bisa saja membuat kantong tipis. Sebenarnya tak perlu membeli kopi seduhan di coffee shop , karena ENDEUSiast bisa membuat kopi seduhan sendiri dengan rasa yang tak kalah enak. Cukup ikuti 6 langkah di bawah ini.

1/ Memilih Kopi Segar dan Fresh

Jenis kopi yang digunakan adalah faktor utama untuk membuat seduhan kopi yang nikmat. Setelah mendapatkan biji kopi yang telah disangrai dan digiling, maka simpanlah kopi dengan baik dan benar. Akan lebih baik jika membeli kopi kemasan kecil agar kopi selalu fresh.

2/ Memperhatikan Takaran Kopi yang Tepat

Saat akan menyeduh kopi, perhatikan takaran kopi. Takaran kopi yang terlalu banyak akan membuat bubuknya sulit larut, sedangkan takaran kopi yang terlalu sedikit hanya akan membuat kopi terasa pahit. Dengan takaran yang pas, dapatkan kopi seduh terenak dengan aroma yang khas.

3/ Seduh dengan Air Bersih

Dalam menyeduh kopi, tentu air adalah elemen selanjutnya yang harus ada. Gunakan air yang segar. Selama berkualitas, air keran dapat digunakan. Sebaiknya hindari penggunaan air mineral dalam kemasan, karena mineral di dalam air akan bereaksi dengan kopi.

4/ Menggunakan Air Hangat dengan Suhu 90-96ºC

Suhu air yang ideal saat ingin menyeduh kopi adalah 90-96ºC. Di suhu inilah, kopi dapat terekstra optimal. Jika suhu air terlalu tinggi, maka rasa kopi akan menghilang, sedangkan jika suhunya terlalu rendah, maka rasa kopi akan datar.

5/ Menyeduh Kopi 4 Menit

Lamanya waktu dalam menyeduh kopi akan mempengaruhi rasa seduhan kopi. Waktu terbaik untuk menyeduh kopi adalah 4 menit, sedangkan jika menggunakan plunger pot, dibutuhkan waktu 2-4 menit.

Berbeda dengan espresso yang hanya membutuhkan waktu 20-30 detik. Jika memang kopi terasa kurang optimal, kemungkinan waktu mencampur kopi dan air panas terlalu cepat atau lama.

6/ Menyeduh dalam Cangkir atau Mug

Gunakan cangkir kopi atau mug agar temperatur kopi dpat tetap terjaga. Jika kopi sudah dingin, sebaiknya jangan memanaskannya. Nikmat saja kopi selagi kopi dingin. Jika tidak rasa kopi sudah berubah.

Dengan trik di atas, maka membuat kopi seduhan seenak cafe bukan hal yang mustahil. Jangan lupa nikmati kopi seduhanmu dengan Marble Cheesecake atau Cheesecake Lapis Cokelat , maka ENDEUSiast akan merasakan suntikan semangat sepanjang hari.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.