Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Es cendol yang berasal dari Bandung dianggap sebagai salah satu minuman yang paling lezat!

Cuaca Indonesia yang sedang panas-panasnya membuat kita mudah haus. Dari sekian banyak minuman, es cendol bisa menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan rasa dahaga. Es cendol merupakan minuman tradisional asli Bandung yang terbuat dari bahan utama tepung hunkwe. Minuman tradisional nusantara ini memiliki perbedaan di setiap daerahnya. Mulai dari bahan hingga pemanis yang dipakai. Untuk citra rasa tidak ada yang berbeda hanya saja kesukaan masing-masing.

Dari sekian banyak varian es cendol yang ada di Indonesia, varian es cendol pandan menjadi yang cukup diminati. Rasanya yang manis serta tekstur kenyalnya dan aroma pandan yang wangi sangat memanjakan lidah ketika meminumnya.

Bahan utama yang diperlukan untuk membuat cendol adalah tepung hunkwe. Jika tidak ada, ENDEUSiast bisa menggunakan alternatif lainnya seperti tepung sagu atau tepung beras. Bisa juga mencampurkan dua dari tiga bahan tersebut, sesuai selera. Jika ENDEUSiast hendak mencampurkan kedua tepung yang berbeda, pastikan perbandingannya tepat. Bila terlalu sedikit, adonan akan cepat mengental dan bila terlalu banyak maka proses pengadonan lebih lama. Untuk memberikan warna yang hijau cerah ENDEUSiast bisa menggunakan pasta pandan secukupnya. Pasta pandan juga berguna untuk menghasilkan aroma cendol yang harum seperti aroma daun pandan.

Untuk proses pengadonan harus benar-benar diperhatikan karena bila salah sedikit saja maka cendol akan gagal. Pengadukan cendol harus berada diatas api kecil dan terus diaduk hingga adonan menjadi kalis. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama tetapi adonan jangan ditinggal atau malah justru membesarkan api agar cepat matang. Dibutuhkan kesabaran pada tahap ini agar hasil cendol enak.

Pada tahap pencetakan, siapkan baskom yang telah diisi oleh air dan es. Taruh cetakan cendol di atas baskom lalu tekan adonan cendol sembari digoyang-goyang agar menghasilkan cendol yang bagus. Cendol yang bagus adalah cendol dengan bentuk yang tidak lurus dan meruncing di ujung-ujungnya.

Diamkan cendol yang telah dicetak di dalam air es, biarkan sampai agak mengeras. Kemudian, saring cendol dan letakkan di dalam wadah. Bila ENDEUSiast ingin langsung meminumnya maka masukkan cendol ke gelas berisi santan dan es. ENDEUSiast juga menambahkan beberapa bahan lainnya seperti buah-buahan untuk kelezatan es cendol.

Sisa dari cendol yang belum disajikan bisa ENDEUSiast simpan di dalam wadah tertutup dan masukkan ke kulkas. Jika sewaktu-waktu ingin meminumnya, ENDEUSiast tinggal melakukan langkah yang telah dijelaskan sebelumnya. Bagaimana? Mudah kan membuat es cendol pandan nan segar dan harum. Untuk kreasi es menggunakan pandan lainnya bisa ENDEUSiast lihat di sini . Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.