Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Sandwich atau bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai roti isi udah ditemukan sejak beberapa tahun lalu. Mari kita lihat bagaimana proses ditemukannya.

Sandwich adalah sebuah makanan yang mungkin udah nggak asing lagi buat kita. Roti tawar yang diisi dengan berbagai macam bahan seperti daging, sayuran, keju, telur, dan lebih mantap jika ditambahkan dengan saus dan mayonais.

Di beberapa supermarket atau restoran sudah menyajikan kuliner ini. Jadi harusnya sandwich udah nggak sulit buat ditemukan. Bisa juga dibuat sendiri di rumah sebagai menu untuk orang-orang tersayang. Oia, sandwich ini pas banget buat dimakan ketika pagi hari atau sebagai camilan pas lagi nggak mau makan terlalu “berat”.

Pernah kepikiran nggak gimana sejarah roti isi ini bisa ditemukan? Bisa dibilang sandwich ditemukannya secara nggak sengaja oleh seorang Aristokrat Inggris bernama John Montagu yang memiliki gelar Earl of Sandwich IV.

Dikabarkan kalo Montagu adalah seorang pemain kartu kelas kakap yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk bermain kartu bahkan bisa seharian. Kegemarannya inilah yang membuat roti isi ditemukan hingga kita kenal sampai sekarang.

Namanya udah jatuh cinta sama permainan kartu, jelas kegiatan lain pasti dilupakan saat asik dengan kartunya. Tak terkecuali dengan makan. Nggak mau perutnya kosong juga, akhirnya Montagu meminta pelayan dan berinisiatif untuk membuat sesuatu yang baru, yaitu memasukkan daging panggang di antara dua roti.

Dengan begitu ia tetap bisa makan tanpa harus meninggalkan meja permainan kartunya. Main kartu tetap lanjut, sedangkan perut bisa tetap terisi.

Melihat apa yang telah dipesan oleh Montagu, akhirnya teman-teman se-permainan kartunya juga memesan makanan yang sama dengan berkata “sama seperti Sandwich”. Cara pemesanannya inilah yang membuatnya dikenal sebagai sandwich sampai saat ini.

Berbagai daging yang biasa digunakan sebagai isi dari sandwich adalah bacon, roast beef, turkey, tuna, hingga daging ayam. Nggak lupa juga dengan berbagai sayuran yang penting untuk tubuh menjadi salah satu bahan penting untuk diisi ke dalam rotimu.

Untuk pemilihan rotinya pun banyak sekali jenisnya yang bisa disesuaikan dengan selera. Meski nggak menggunakan roti tawar, nggak berarti dikatakan bukan sandwich. Seperti sandwich di Amerika yang nggak melulu menggunakan roti tawar, tetapi menggunakan bread roll dan focaccia. Sub atau submarine sandwich juga nggak menggunakan roti tawar contohnya seperti yang dijual pada restoran Subway.

Nah, sandwich juga enak dimakan bersama dengan side dish seperti kentang goreng. Hayo ngaku siapa yang doyan banget mengombinasikan roti isi dengan kentang goreng? Pasti banyak banget yang doyan nih. Oia, burger juga bisa dibilang sandwich meski menggunakan roti bun bukan roti tawar.

Nah kalo kamu ingin membuat sajian sandwich yang mudah di rumah, bisa ikuti resep Endeus yang satu ini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.