Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan Sunda yang Gurih dan Cocok Dimakan Sebagai Camilan

Jawa Barat memang surga bagi para pecinta kuliner. Banyak masakan sunda yang enak mulai dari makanan berat sampai makanan ringan. Kini untuk makan berbagai masakan sunda ENDEUSiast tidak perlu repot-repot mencicipinya di daerah Jawa Barat. Hampir sebagian besar masakan sunda terkenal sehingga banyak yang menjualnya di berbagai daerah di Indonesia selain di Jawa Barat. Beberapa masakan sunda memiliki cita rasa yang gurih dan cocok dijadikan camilan. Berikut ini masakan sunda yang cocok dijadikan camilan.

1/ Cimol

ENDEUSiast tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Cimol merupakan singkatan dari aci saemol. Di pinggir jalan dan depan sekolah sering ada penjual cimol. Cimol merupakan makanan yang terkenal seantero negeri. Harga cimol yang murah dan rasanya yang enak membuat banyak orang menyukai cemilan yang satu ini. Cimol terbuat adonan tapioka dan berbagai bumbu. Cara membuat cimol cukup mudah yaitu hanya mencampurkan air panas dengan tepung dan bumbu. Air panas pada adonan membuat cimol tidak meledak saat digoreng. Umumnya cimol memiliki cita rasa yang gurih namun ENDEUSiast juga bisa menambah beberapa varian rasa seperti balado, jagung manis dan sebagainya.

2/ Cilor

Cilor juga merupakan makanan yang cukup terkenal. Cilor memiliki rasa yang renyah dan gurih. Jika ingin cita rasa pedas, ENDEUSiast misa menambahkan saus. Tidak hanya dikalangan murid SD, cilor juga cukup terkenal dikalangan orang dewasa. Cilor merupakan kepanjangan dari aci telor. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini dibuat dari tepung kanji atau aji dan telur. Tepung kanji dicampur dengan air hangat dan beberapa bumbu lalu dibentuk lonjong dan di tusuk. Sebelum digoreng, adonan yang telah ditusuk diolesi telur. Cilor merupakan hasil kreativitas pedagang karena banyak yang meremehkan jajanan anak SD. Banyak yang beranggapan bahwa jajanan anak SD tidak sehat karena tidak bergizi. Cilor menggunakan telur dalam proses pembuatannya sehingga cilor mengandung protein.

3/ Cipeng

Mungkin makanan yang satu ini cukup asing bagi anda. Tidak semua wilayah di Indonesia ada yang menjual cipeng. Cipeng merupakan masakan sunda yang terlahir karena pedagang cireng tidak ingin rugi jika dagangannya tidak habis atau kurang laku dalam sehari. Oleh sebab itu adonan untuk membuat cipeng pun sama dengan membuat cireng. Cipeng merupakan cireng yang dipipihkan lalu digoreng sampai kering. Oleh sebab itu, cipeng lebih tahan lama jika dibandingkan dengan cireng. Cipeng bisa ENDEUSiast temukan di pasar tradisional. Harga cipeng tentunya lebih murah jika dibandingkan dengan cireng.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.