Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Masakan khas Indonesia biasanya disajikan di hari kemerdekaan. Berikut beberapa masakan khas nusantara yang biasa disajikan saat hari kemerdekaan.

Perayaan kemerdekaan tidak lengkap bila tidak menyajikan masakan khas Indonesia. Masakan Indonesia yang biasa disajikan ketika hari kemerdekaan adalah masakan tradisional, sehingga makna kemerdekaan lebih mengena dan berkesan.

Bagi beberapa orang, makanan tradisional Indonesia sudah mulai banyak yang susah ditemukan bila tidak ada perayaan khusus seperti kemerdekaan. Tidak sedikit masakan Indonesia ini dijadikan ide perlombaan. Berikut ini beberapa makanan yang biasa disajikan ketika perayaan hari kemerdekaan.

1/ Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng adalah salah satu masakan Indonesia yang hampir selalu ada ketika perayaan kemerdekaan atau perayaan yang lain. Nasi tumpeng ini biasanya terbuat dari nasi kuning yang dibentuk kerucut dan disajikan diatas tempeh atau nampan dengan lauk-pauk dan sayuran pendamping. Untuk perayaan kemerdekaan, ENDEUSiast bisa membuat nasi tumpeng dengan nasi merah dan putih. Bagi orang Indonesia, nasi tumpeng melambangkan rasa syukur atas kemerdekaan negara. ENDEUSiast juga bisa menyajikan lauk untuk tumpeng dengan tema merah putih seperti telur puyuh merah putih ataupun dengan menggunakan dekorasi yang serupa.

2/ Kohu-Kohu

Kohu-kohu adalah salah satu makanan khas dari Maluku yang mirip dengan urap-urap. Makanan yang satu ini adalah favorit orang Ambon dan biasa disajikan untuk perayaan kemerdekaan. Bahan yang digunakan untuk membuat kohu-kohu adalah kacang panjang, tauge, parutan kelapa, dan bumbu-bumbu. Yang membedakan kohu-kohu dengan urap dari Jawa adalah penggunaan ikan cakalang yang sudah disuwir. Rasa ikan cakalang ini memberikan rasa gurih yang membuat kohu-kohu menjadi spesial.

3/ Ayam Tuturaga

Ayam tuturaga adalah salah satu makanan yang berasal dari Manado dengan rasa yang pedas. Masakan yang satu ini biasa disajikan ketika perayaan kemerdekaan. Awalnya makanan yang satu ini dibuat dari daging penyu, namun karena penyu adalah hewan langka yang dilindungi, kemudian masakan ini diganti dengan ayam. Ayam Tuturuga sebenarnya mirip dengan opor ayam yang lezat dengan citarasa yang pedas. Biasanya ayam ini disajikan dengan nasi hangat dan beberapa lauk pendamping lainnya.

4/ Telok Abang

Makanan yang satu ini berasal dari Palembang. Telok abang adalah telur yang direbus dan dimasak hingga berwarna merah dan biasa disajikan untuk perayaan kemerdekaan Indonesia. Telur yang digunakan untuk telok abang biasanya adalah telur bebek, namun bisa juga menggunakan telur ayam yang lebih ekonomis. ENDEUSiast bisa menggunakan pewarna makanan untuk membuat telok abang ini namun juga bisa membuat ekstrak buah yang berwarna merah sebagai penggantinya. Telok abang ini biasanya dijual dengan miniature kapal sehingga menarik anak-anak untuk membeli makanan ini.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.