Berbicara masakan Indonesia memang tidak ada habisnya. Banyak aneka makanan mulai dari yang biasa hingga yang unik bisa ENDEUSiast temukan.

Membahas tentang masakan khas Indonesia tidak akan ada habisnya. Bahkan bila dijadikan dalam sebuah buku mungkin tebalnya bisa melebihi buku ENDEUSiasts. Di jaman sekarang, tidak hanya teknologi saja yang maju melainkan kuliner juga turut berkembang. Penampilan hingga nama dibuat sedemikian rupa hingga terlihat unik dan beda dari yang lain.

Bahkan ada beberapa nama yang mungkin masih asing di telinga ENDEUSiast. Untuk mengenal lebih jauh lagi tentang masakan Indonesia yang unik dan beda, lebih baik kita simak daftarnya di bawah ini.

1/ Gulai Cipuik

Gulai cipuik atau lebih dikenal dengan nama gulai siput merupakan masakan khas Riau yang hingga kini masih eksis. Bahkan hidangan ini sering disajikan ketika bulan puasa. Sesuai dengan namanya, bahan baku pembuatan gulai cipuik adalah siput. Bentuknya mirip seperti keong tetapi lebih kecil dan memiliki cangkang yang bergelung.

Meskipun bahan baku utamanya berbeda, namun untuk bumbu kuahnya tetap sama seperti gulai lainnya. Kuah gulai terbuat dari santan, kunyit dan beberapa bumbu rempah lainnya untuk menghasilkan rasa kuah yang gurih dan harum. Bila ENDEUSiast tidak ingin menggunakan siput sebagai bahan utamanya, bisa diganti dengan jenis seafood seperti udang sehingga akan menjadi menu gulai udang .

2/ Tahu Gimbal

Bukan hanya rambut saja yang gimbal, ada juga jenis masakan khas Indonesia yang diberi nama gimbal. Makanan yang berasal dari Semarang ini menggunakan isian tahu goreng, telur, tauge, kol mentah dan lontong. Diberi nama gimbal karena menggunakan udang yang digoreng tepung. Setelah itu barulah dilengkapi dengan kuah petis atau saus bumbu kacang sesuai dengan selera ENDEUSiast.

3/ Tempoyak

Bagi para pecinta durian pasti akan menyukai hidangan yang satu ini. Tempoyak merupakan masakan yang menggunakan durian yang telah difermentasi sebagai bahan utamanya.

Tempoyak akan terasa semakin lezat bila dinikmati bersamaan dengan nasi hangat. Jarang ada yang menyantapnya secara langsung karena tidak kuat dengan aroma dan rasa asam pada tempoyak. Masakan yang satu ini bisa ENDEUSiast temukan di Kalimantan, Lampung, Palembang hingga Bengkulu.

Gimana menurutmu? Sudah pernah mencicipinya semua? Sekalipun nama dan bahan pembuatannya cukup unik tetapi banyak orang yang menyukainya. Inilah yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia maupun luar negeri.

Apakah ENDEUSiast tertarik untuk memakan semua masakan unik di atas? Jika iya, segeralah mencobanya daripada terus penasaran. Demikianlah ulasan tentang masakan Indonesia terunik yang harus ENDEUSiast tau. Selamat mencoba, semoga ENDEUSiast suka.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.