Masakan Hati Ampela Ayam Yang Lezat & Mudah Dibuat
Masakan Hati Ampela Ayam Yang Lezat & Mudah Dibuat

Hati ampela ayam bila diolah dengan tepat akan menghasilkan masakan yang lezat.

Hati ampela ayam bila diolah dengan tepat akan menghasilkan masakan yang lezat. Selain mudah dibuat, hati ampela juga cepat matang.

Hati ampela ayam akan sangat enak bila ENDEUSiast bisa mengolahnya secara tepat. Untuk mengolah hati ampela diperlukan cara khusus agar sajiannya tidak keras dan tidak berbau. Bila ingin mendapatkan cita rasa lezat dari masakan hati ampela, kuncinya hanya satu yaitu dengan merebusnya ke dalam air yang telah diisi bumbu dan rempah aromatik. Itu juga bisa menjadi salah satu cara agar hati ampela ayam tidak amis.

Bagi ENDEUSiast yang ingin membuatnya, berikut di bawah ini beberapa olahan hati ampela ayam yang mudah dan cepat dibuat.

1/ Opor Hati Ampela Ayam

Biasanya untuk membuat opor bahan yang digunakan adalah daging ayam. Tetapi bila ENDEUSiast bosan dengan dagingnya, bisa mengganti dengan hati ampela ayam. Masih sama-sama bagian dari ayam.

Sebelum dimasak, hati ampela dicuci bersih terlebih dahulu baru diberi air perasan jeruk nipis dan garam secukupnya. Siapkan bumbu khusus opor dan tumis hingga harum. Masukkan rempah seperti daun jeruk, daun salam, pala, cengkeh dan kayu manis. Lalu kembali tumis hingga harum. Baru masukkan hati ampela ke dalam tumisan dan tambahkan air santan. Masak hingga matang dan jangan lupa untuk terus mengaduknya agar santan tidak pecah.

2/ Hati Ampela Cabe Ijo

Mau olahan yang tidak ribet? Buat saja hati ampela ayam cabe ijo. Sajian yang satu ini terbilang simple karena tidak menggunakan banyak bahan seperti opor tadi. Cara mengolahnya seperti yang sudah dijelaskan di atas, dicuci bersih dulu baru dimasak. Goreng hati ampela ayam hingga setengah matang sembari ENDEUSiast menyiapkan bumbu yang akan ditumis seperti cabai hijau, bawang merah dan bawang putih. Setelah semua sudah siap, tumis bumbu hingga harum lalu campurkan potongan hati ampela ayam.

3/ Nasi Goreng Hati Ampela

Mau masak nasi goreng tapi hanya ada bahan hati ampela saja? Tidak apa-apa. ENDEUSiast bisa mengolah nasi dan hati ampela menjadi sajian nasi goreng yang lezat. Pertama-tama, goreng hati ampela hingga kering. Lalu siapkan bumbu untuk membuat nasi goreng. Tumis bumbu tersebut lalu masukkan hati ampelanya. Berikan bumbu penyedap untuk memperkuat cita rasa dari nasi goreng ini. Setelah itu baru masukkan nasinya dan aduk terus hingga matang dan bumbu merata dengan sempurna. Sajikan bersama kerupuk agar lebih nikmat.

Masakan simple lainnya yang bisa ENDEUSiast coba di rumah adalah tumis bunci hati ampela. Selamat mencobanya, semoga suka.

Endeustorial

Ikuti Instagram