Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Tanpa alat makan, menyantap menu-menu makanan ini akan semakin mantab jika langsung dengan tangan

Alat yang biasa digunakan untuk makan atau bahasa kerennya cutlery seperti sendok, garpu, dan pisau (bukan pisau dapur) memang dibuat untuk memudahkan kita dalam menyantap makanan. Tapi ternyata nggak semua makanan enak disantap menggunakan cutlery loh.

Ada beberapa menu makanan yang emang lebih mantab kalau disantap menggunakan tangan langsung. Bagi kita yang tinggal di Indonesia mungkin udah nggak asing lagi dengan metode atau cara makan yang demikian, tapi mungkin akan terlihat aneh bagi orang lain.

Meski ada juga menu makanan tertentu yang memang harus menggunakan cutlery ketika menyantapnya. Sebut aja bubur yang emang nggak bisa dimakan dengan tangan langsung. Atau mie yang aneh banget kalo makan dengan tangan.

Lalu apa aja sih makanan yang lebih mantab disantap dengan tangan langsung?

1. Nasi padang

Salah satu rumah makan yang penyebarannya paling luas di Indonesia bersama warteg (warung tegal). Kalo mampir ke rumah makan padang, memang disediakan sendok dan garpu beserta tisu warna-warni. Tapi akan terasa kurang mantab jika makan menggunakan alat makan.

Lebih terasa nikmatnya kalo makan nasi padang langsung dengan tangan. Dengan nasi yang diberi kuah santan, diambil langsung dengan tangan, kemudian masuk ke mulut adalah kenikmatan yang nggak bisa digantikan jika makannya dengan sendok-garpu.

Lagipula, akan terasa aneh ketika makan di rumah makan padang tetapi nggak pakai tangan. Ya nggak sih?

2. Burger

Dua roti yang di bagian tengahnya diisi dengan beberapa bahan makanan seperti daging dan sayuran, banyak disukai oleh orang-orang. Meski di beberapa tempat menyediakan alat makan untuk menyantapnya, percayalah makan dipegang langsung dengan tangan akan lebih mudah.

Berbeda dengan makan nasi padang yang lebih mantab dengan tangan langsung, kalau makan burger akan lebih mudah tanpa alat makan. Tapi mungkin ada yang lebih suka menyantapnya menggunakan pisau dan garpu.

3. Pizza

Sama halnya dengan burger, menyantap makanan yang berasal dari Italia ini lebih mudah memang dengan tangan langsung. Meski disediakan garpu dan pisau sebagai pilihan dalam menyantapnya.

Tapi hal ini balik lagi ke pribadi masing-masing. Lebih nyaman mana dalam menikmatinya. Yang pasti, kenikmatan dalam menyantapnya yang harus diperhatikan. Jangan sampai makannya udah nggak nyaman, akan memengaruhi mood makan kita.

4. Pecel ayam

Pecel ayam atau pecel lele paling mantab emang makan langsung dengan tangan. Mengupas daging ayam atau lele langsung dengan tangan kemudian cocol ke sambal dan masuk ke mulut emang nikmat banget.

Bayangin, kalo makannya menggunakan alat makan, pasti repot banget. Misahin daging dengan tulang itu PR banget kalo nggak langsung dengan tangan. Apalagi kalo makan lele, yang ada durinya yang halus bisa ikut masuk ke mulut karena warnanya nyaru dengan nasi.

5. Ayam goreng tepung

Pernah makan di restoran cepat saji yang menyajikan menu nasi dengan ayam kan? Apakah disajikan dengan sendok dan garpu? Kayaknya nggak ya, kecuali kita memesan menu lainnya juga yang harus dimakan dengan sendok, seperti sup misalnya.

Tapi kalo mesen nasi dan ayam aja, nggak dikasih alat makan loh. Alias makan dengan tangan langsung. Di restoran cepat saji juga disediakan wastafel untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Itulah 5 makanan yang paling enak disantap tanpa alat makan. Kalau kamu punya makanan lain yang lebih nikmat dimakan dengan tangan, bisa langsung mention kita di akun media sosial Endeus.tv.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.