Meski sedang berhemat, tetap tersedia aneka hidangan berbuka yang menggugah selera.

Makanan buka puasa yang ramah di kantong pasti menjadi sahabat setia bagi mahasiswa atau orang yang tinggal jauh di perantauan. Meski sedang berhemat, tetap tersedia aneka hidangan berbuka yang menggugah selera. Mulai dari jajanan yang memanjakan lidah, hingga makanan yang mengenyangkan perut, beberapa di antaranya bahkan dapat dibuat sendiri dengan mudah.

Memasuki era yang serba praktis, membeli menu berbuka puasa yang siap saji menjadi pilihan. Akan tetapi, apa yang terjadi saat keuangan menipis? Tidak perlu khawatir, makanan buka puasa yang menggugah selera ini tetap ramah bagi kelangsungan kesehatan finansial.

1/ Tempe dan Tahu Penyet

Makanan berbahan dasar kedelai ini termasuk praktis dan mudah cara penyajiannya. Berbuka dengan tempe dan tahu penyet bisa menjadi alternatif menu berbuka yang nikmat tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Gurih tahu dan tempe dipadu dengan aroma sambal yang sedap akan menggugah selera saat waktu berbuka tiba. Tapi hati-hati, makan sambal yang terlalu pedas ketika perut dalam keadaan kosong bisa bikin sakit perut.

2/ Opor Telur

Citarasa kuah santan gurih yang diperkaya dengan kelembutan tekstur telur rebus akan semakin menghangatkan suasana berbuka. Aneka bahan masakan lain juga bisa ditambahkan, misalnya kentang, tahu, dan tempe agar rasanya lebih variatif.

3/ Sayur Bening

Sayur dengan bahan dasar bayam dan wortel bisa jadi andalan menu makanan buka puasa yang hemat namun lezat. Bagaimana tidak, hidangan menyegarkan yang kaya akan sumber serat dan vitamin ini cocok untuk dikonsumsi pada saat perut kosong seteka seharian berpuasa. Sayur bening makin memikat jika disajikan selagi hangat dengan taburan bawang goring di atasnya.

4/ Kolak

Siapa yang tak kenal dengan hidangan popular satu ini? Kolak selalu menjadi primadona ketika Ramadhan tiba. Bahan-bahannya pun sederhana, umumnya menggunakan pisang, kolang kaling, dan ubi manis. Apabila ingin mengeksplorasi rasa dan menguatkan aromanya, dapat ditambahkan potongan nangka, cengkeh, dan daun pandan.

5/ Bubur Sumsum

Kelezatan dan kebaikan yang berpadu manis dalam satu sajian. Aroma dan kelembutan rasa dari bubur sumsum akan lumer ketika berada dalam mulut. Sajian khas Indonesia ini sangat cocok untuk berbuka puasa tanpa harus khawatir dengan pengeluaran berlebih. Bubur dengan tekstur yang ramah untuk orang-orang yang memiliki masalah dengan asam lambung ini sudah pasti akan memanjakan perut sesudah menjalankan puasa sehari penuh.

Terdapat lebih banyak lagi alternatif menu makanan buka puasa yang sederhana dan ekonomis. Apabila dimasak sendiri, rasanya dapat disesuaikan dengan selera, dan yang pasti lebih sehat dan terjaga kebersihannya. Semoga beberapa menu tersebut dapat menjadi inspirasi bersantap buka pada bulan Ramadan ini, selamat mencoba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.