Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Buat kamu ingin traveling di sekitar Jogjakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan Bali wajib hukumnya mencicipi makanan khas setiap daerah.

Jalan-jalan di Indonesia, kurang lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas setiap daerah. Sebagai negara dengan kekayaan alam yang berlimpah, Indonesia juga terkenal dengan kekayaan kuliner di setiap daerah.

Buat kamu ingin traveling di sekitar Jogjakarta, Surabaya, Bandung, Medan, dan Bali wajib hukumnya mencicipi makanan khas setiap daerah. Berikut makanan khas yang wajib kamu coba saat bersinggah di kota-kota besar Indonesia.

1. Bali - Ayam dan Bebek Betutu Khas Gilimanuk

Sensasi menikmati pantai-pantai indah di Bali terasa kurang sempurna kalau kamu belum mencicipi Ayam dan Bebek Betutu khas Gilimanuk. Masakan ini amat berlimpah dengan rempah-rempah.

Ayam dan Bebek yang diungkep dengan bumbu-bumbu seperti jahe, lengkuas, kunyit, kencur, bawang, daun jeruk, cabai rawit akan jadi santapan nikmat sambil menikmati suasana liburan di Bali. Kuliner ini cocok untuk kamu yang mengaku pecinta pedas.

Salah satu tempat yang kamu bisa kunjungi jika ingin mencicipi hidangan ini adalah di Ayam Betutu Khas Gilimanuk.

Restoran ini memiliki enam cabang di Pulau Dewata, yakni di Jalan Raya Tuban, Jalan Raya Kuta, Jalan Merdeka, Jalan Raya Kediri, Jalan Buluh Indah, dan Jalan Raya Denpasar.

2. Jogjakarta - Gudeg Yu Djum

Gudeg telah sekian lama menjadi ikon Daerah Istimewa Yogyakarta. Hampir setiap sudut Jogjakarta bertebaran pedagang makanan hasil olahan nangka muda ini.

Untuk menikmati seporsi gudeg lengkap dengan sayur kreceknya, kamu bisa datang ke Warung Gudeg Yu Djum Pusat di daerah Kaliurang, Jogjakarta. Selain di Kaliurang, Gudeg Yu Djum juga membuka cabang di sekitar Jogjakarta.

Kamu bisa mengunjungi kedai Yu Djum di jalan besar Jogja-Magelang, sekitar bandara Adi Sucipto, daerah Wijilan dekat Kampus UGM, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menikmati Gudeg Yu Djum dengan variasi lauk dan ukuran. Mulai dari Paket Nasi, Paket Gudeg Besek, sampai Paket Gudeg Kendil.

3. Surabaya - Rujak Cingur Genteng Durasim

Dengar Surabaya kamu pasti langsung membayangkan nikmatnya Rujak Cingur. Kuliner yang terdiri dari irisan tahu, tempe, bengkoang, mangga muda yang disiram bumbu kacang ini sudah menjadi makanan ikon Kota Pahlawan.

Tak lupa ditambah daging moncong sapi yang lembut dan gurih, Rujak Cingur bisa menjadi santapan siang yang nikmat. Penasaran dengan rasa Rujak Cingur? Mampirlah ke Rujak Cingur Genteng Durasim.

Sejak 1943, Rujak Cingur Genteng Durasim terus menjadi warung rujak cingur favorit di Surabaya. Bahkan, pelanggannya dari waktu ke waktu semakin bertambah.

Sejak pertama buka hingga kini, Rujak Cingur Genteng Durasim hanya menggunakan satu cobek batu yang selalu dirawat dengan baik.

Tidak hanya rujak cingur, Kedai Rujak Cingur Genteng Durasim juga menjual Sop Buntut yang sayang bila dilewatkan.

4. Bandung - Seblak

Menikmati sejuknya Bandung, kurang lengkap tanpa menyantap Seblak. Untuk kamu para pencinta kuliner pedas, wajib mencoba kuliner yang berbahan dasar kerupuk mentah ini.

Jika berkunjung ke Bandung, jangan lupa singgah sebentar di Seblak Jebred di daerah Buah Batu, Turangga, Kota Bandung. Tidak hanya berbahan kerupuk rebus, Seblak Jebred juga ditambah ceker yang gurih.

Selain itu ada topping lain yang bisa kamu nikmati mulai dari harga Rp 3000-4000. Kalau kamu suka tantangan, coba naikkan level pedas Seblak Jebred ini. Hujan-hujan di Bandung memang nikmat jika ditemani Seblak.

5. Medan - Durian Ucok

Tidak perlu menunggu musim durian untuk menikmati buah yang sangat berkarakter ini. Kamu bisa mampir ke Ucok Durian yang ada di Medan. Ucok Durian buka setiap hari dan selalu memanjakan para pencinta durian dengan kualitas premium.

Kedai Ucok Durian milik Zainal Abidin atau yang akrab disapa Ucok sudah berdiri puluhan tahun. Namun, memang nama kedai tersebut baru terkenal 10 tahun belakangan.

Mulai dari artis, pejabat, hingga banyak konglomerat pernah mampir ke kedai durian yang dirintis oleh Zainal Abidin yang kerap disapa Ucok. Selain buka setiap hari, Durian Ucok juga buka selama 24 jam.

Selain menjual durian kupas, Ucok Durian juga menyediakan pancake durian, daging durian, durian beku, buah durian utuh, dan es krim durian.

Itu dia beberapa rekomendasi kuliner khas Indonesia yang dapat kamu coba. Sudah punya tiket penerbangan ke kota tujuan tersebut? Kalau belum, bulan ini ada SUPER SALE dari AirAsia lho yang memberikan diskon hingga 70% ke destinasi favoritmu!

Selain penerbangan dengan rute domestik, AirAsia juga memiliki pilihan rute internasional seperti Singapura, Kuala Lumpur, Johor-Bahru, Korea, Jepang, Shang-hai, atau Hong-kong, semuanya bisa dapat diskon! Selain itu, kamu juga bisa dapat bagasi gratis 15kg untuk penerbangan domestik dan untuk paket penerbangan + hotel ada diskon hingga 45%

Untuk periode promonya pada tanggal 22 - 28 April 2019, untuk periode terbang 1 Oktober 2019 hingga 2 Juni 2020. Buruan langsung cek dan Login sekarang ke airasia.com atau aplikasi AirAsia untuk dapetin promonya!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.