Selain masakan, banyak kue-kue populer di Indonesia yang ternyata berasal dari Tiongkok.

Masakan dan kue Indonesia memang banyak dipengaruhi oleh kuliner dari Negara lain seperti Belanda dan Cina. Dua Negara ini mempunyai banyak warisan kuliner di Indonesia yang masih bertahan hingga sekarang.

Beberapa masakan yang berasal dari Tiongkok dan populer di Indonesia adalah capcay, koloke, dan sejenisnya. Selain beberapa makanan tersebut, ada beberapa kue populer yang ternyata juga berasal dari Cina seperti berikut ini.

1/ Pia

Pia adalah salah satu kue khas Indonesia yang sangat populer terlebih untuk oleh-oleh. Kue pia ini adalah kue yang dibuat dari adonan tepung dan lemak yang dibuat berlapis dan menjadi renyah ketika dipanggang. Adonan kulit pia ada yang dibuat renyah ataupun keras dan kenyal. Isian dari pia bisa dibuat bermacam-macam namun biasanya diisi dengan kacang hijau yang dimasak dengan gula. Sekarang ini isian pia sudah tersedia dalam berbagai macam seperti isian coklat dan keju.

2/ Onde-onde

Onde-onde adalah salah satu makanan tradisional di Indonesia. Makanan yang satu ini dibuat dari tepung beras dan diisi dengan pasta kacang hijau. Adonan tepung ketan yang sudah diisi dengan isian dibentuk menjadi bulat kemudian dibaluri dengan biji wijen dan digoreng hingga matang. Kue yang satu ini ternyata berasal dari Tiongkok dengan nama ‘ludei’.

3/ Cakwe

Camilan yang satu ini juga berasal dari Tiongkok. Cakwe adalah sejenis roti goreng dengan citarasa asin. Bahan utama cakwe ini adalah tepung terigu, ragi, soda, Ammonium bikarbonat , dan sedikit gula. Cakwe ini biasa disajikan sebagai makanan pelengkap untuk bubur ataupun untuk minum susu. Selain itu, cakwe juga bisa disajikan dengan saus pedas dan rasanya tetap lezat.

4/ Kue bantal

Kue bantal adalah kue yang biasa dijual bersama dengan cakwe. Kue yang satu juga biasa disebut dengan chinese doughnut dan disebut sebagai odading. Meskipun dijual bersama dengan cakwe, namun kue bantal ini mempunyai citarasa yang manis. Bentuk kue bantal ini kotak dan mirip dengan bantal dan bagian atasnya ditaburi wijen dan gula sehingga rasanya renyah.

5/ Kue ku

Kue ku atau dikenal sebagai red tortoise cake adalah kue yang juga berasal dari Tiongkok. Makanan yang satu ini terbuat dari tepung beras dengan isian kacang hijau dan dimasak dengan cara dikukus. Dalam filsafat Tiongkok, kue ku ini melambangkan kemakmuran, keberuntungan, dan umur panjang sehingga selalu disajikan dalam setiap perayaan imlek.

6/ Kue lapis legit

Kue lapis legit, atau dikenal juga sebagai thousand layer cake, adalah salah satu kue Indonesia yang berasal dari Tiongkok. Makanan ini biasa ditemui di restoran dimsum serta disajikan ketika perayaan Imlek. Di Indonesia sendiri, kue lapis legit ini berasal dari Belanda namun dimodifikasi oleh orang Tiongkok yang ada di Indonesia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.