Kenali cara mengindikasi kesegaran ikan agar tak salah memilihnya

"

Sudah bukan rahasia lagi jika kunci kelezatan setiap sajian terletak pada kesegaran bahan sebelum diolah. Terutama untuk sajian-sajian berbahan dasar ikan. Ikan yang segar memiliki rasa gurih tersendiri yang mampu meningkatkan aroma sajian. Bayangkan, ikan segar jika diolah dengan bumbu sederhana saja sudah enak. Apa lagi kalau ditambahkan dengan bumbu-bumbu lainnya.

Untuk mendapatkan ikan yang segar, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita cermati saat berbelanja. Berikut beberapa test yang bisa kamu lakukan saat memilih-milih ikan segar untuk sajianmu.

Ikan segar memiliki mata yang bening, bersih, kencang, dan bentuknya cembung. Sebaliknya ikan yang tidak segar memiliki mata yang kusam atau kemerahan. Bentuknya juga sudah tidak kencang dan berbentuk cekung karena kandungan air di dalamnya sudah menyusut.

Lihat dan perhatikan warna insang. Insang ikan segar memiliki warna merah cerah. Sedangkan ikan yang sudah tak segar, insangnya berubah menjadi warna merah kecoklatan.

Pilih ikan yang memiliki warna kulit cerah dan mengkilap. Untuk ikan fillet atau ikan yang sudah dipotong-potong, daging ikan juga harus berwarna cerah. Ikan yang tak segar cenderung memiliki penampilan warna pucat pada kulit dan dagingnya.

Perhatikan bagian sisik ikan. Ikan segar memiliki sisik yang lengkap, mengkilap, dan tidak mudah terlepas dari tubuh ikan.

Amati seluruh bagian sirip ikan. Sirip ikan segar akan terasa kencang dan menempel kuat ketika digerakan. Sirip ekor ikan segar juga akan terlihat mengkilap dan tidak mengering.

Menekan tubuh ikan juga bisa dilakukan untuk mengetahui kesegaran ikan. Ikan segar memiliki tubuh yang terasa kencang ketika ditekan. Tekan juga bagian perutnya. Perut ikan yang tak segar akan terasa lembek saat ditekan. Bahkan jika ikan sudah benar-benar tak segar, isi perut ikan akan keluar ketika ditekan.

Terakhir, pilihlah ikan dalam keadaan hidup yang pasti menjamin kesegaran ikan. Bagi ikan air tawar, memilih ikan hidup juga mampu mengurangi resiko daging ikan berbau lumpur.

"

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.