Jajan Es Smok, Seorang Anak di Ponorogo Alami Luka Bakar sampai 30%
Jajan Es Smok, Seorang Anak di Ponorogo Alami Luka Bakar sampai 30%

Selain Es Smok, sajian ini juga dikenal dengan nama Dragon's Breath, Magic Snack, sampai Ciki Kebul

Es Smok atau Ciki Kebul, jadi jajanan menarik buat banyak orang karena sensasi asap yang menarik saat dikulum. Apa saja yang harus kita cermati?

Tau sajian Ice Smoke? Belakangan snack ini tengah disukai oleh berbagai usia, khususnya anak kecil. Terdiri dari snack warna warni yang dicelupkan dalam nitrogen cair, snack ini menjadi semakin menawan karena sensasi kepulan asap yang bisa keluar dari mulut dan hidung penyantapnya saat dikulum.

Di Indonesia, snack yang dikenal dengan nama Dragon's Breath, Magic Snack, Es Smok atau Ciki Kebul ini mendadak menghebohkan jagat dunia maya, setelah seorang anak di Ponorogo mengalami luka bakar sebesar 30% sesaat setelah membeli jajanan tersebut. bahkan belum sempat disantap lho!

Peristiwa yang terjadi saat sang ayah, Sutrisno dan anaknya (AH) hendak melihat pertunjukan Reog (12/7). Area yang dikelilingi para penjual jajanan, menarik minat sang anak yang lantas tertarik pada satu jajanan bertajuk 'Es Smok' - denga harga Rp. 20 ribu.

Tak lama setelah penjual menyerahkan jajanan tersebut, Sutrisno meyakini melihat adanya api yang keluar dan menyambar tubuh dan wajah anaknya. Ia pun sigap mematikan api menggunakan tangannya dan bersikukuh tidak ada sumber api yang terlihat saat kejadian tersebut berlangsung. Karena masih merasa kesakitan, sang anak pun langsung dibawa ke pusat kesehatan dan harus mendapat perawatan intensif di RSU Muslimat Ponorogo.

Dilansir dari DetikJatim, Kepala Departemen Kimia Institut Tekonologi Sepuluh Nopember (ITS) Prof Fredy Kurniawan menjelaskan, nitrogen cair hingga mengeluarkan api itu tidak tepat. Ia menegaskan, nitrogen yang memiliki rumus kimia N2 tidak dapat mengeluarkan api. Sesuai rumusnya, yakni N2, angka dua itu menandakan subscript alias tidak dapat mengeluarkan api.

Menurutnya, ketika zat ini ada di suhu yang sangat dingin, sentuhan organ manusia secara langsung tidak diperbolehkan. Sebab, meski nitrogen tidak mengeluarkan api, tapi zat itu mampu mengakibatkan cold burn (terbakar karena suhu sangat dingin). Kemungkinan, cold burn itu yang diasosiasikan dengan api oleh orang tua AH.

Sebenarnya pada 2018, Food and Drug Administration (FDA) - lembaga pengawas obat dan makanan Amerika Serikat sudah melarang jajanan ini, setelah seorang anak dari seorang warga Florida, AS menderita asma ringan dan sesekali batuk tak lama usai menyantap jajanan Dragon's Breath di sebuah Mal.

FDA menegaskan, meski nitrogen cair tidak beracun, namun bila tidak sengaja tertelan, bisa sangat berbahaya karena suhunya yang sangat rendah. Bahkan, menghirup uap yang dikeluarkan makanan atau minuman yang ditambahkan nitrogen cair bisa menyebabkan kesulitan bernapas, terutama para penderita asma menurut FDA.

Selalu ingetin Buah Hati, buat Hati-Hati ya! (AY)

Ayu Nainggolan

Pemuja rasa dan penikmat cerita

Ikuti Instagram