Alat masak Teflon bisa digunakan untuk membuat kue-kue untuk camilan. Berikut beberapa contoh inspirasi untuk disantap.

Mengolah kue sering dianggap sebagai kegiatan yang lebih merepotkan dan lebih sulit dibandingkan memasak biasa. Mulai dari menakar bahan yang harus presisi, sampai menyediakan alat masak, yaitu oven yang tidak semua orang miliki. Perihal oven, sebenarnya ada alat lain yang bisa digunakan untuk memanggang yaitu teflon.

Teflon merupakan sejenis panci yang bisa digunakan untuk menggoreng atau memanggang. Artinya, memasak kue juga bisa dilakukan. Meskipun berbeda, namun rasa yang dihasilkan juga sama enaknya. Penasaran? Berikut, beberapa jenis kue yang bisa diolah di teflon.

1/ Pancake

Pancake merupakan kue yang biasanya memang dipanggang di permukaan datar yang panas seperti griddle atau teflon. Ia juga menjadi menu sarapan beberapa negara. Bahan-bahan membuatnya sangat mudah ditemukan di supermarket atau pasar terdekat. Tata cara membuat juga simple dan praktis, cocok untuk orang dengan mobilitas tinggi.

Untuk toping, bisa gunakan madu atau sirup maple yang menambah rasa manis si pancake ya.

2/ Roti Maryam

Roti maryam atau lebih dikenal dengan roti cane adalah sejenis roti pipih yang terinspirasi dari negara asal India.

Roti maryam mudah dibuat dan seperti pancake, ia juga dimasak di bidang datar. Untuk toping, tak ketinggalan ada keju, susu, meses, kari, dan sebagainya. Bisa ENDEUSiast coba nih di rumah.

3/ Brownies

Brownies memang kue yang amat lezat. Tapi siapa bilang memasak brownies panggang membutuhkan oven, ternyata anda bisa memasaknya di atas teflon.

Untuk resepnya, tidak ada yang berubah, cukup menggunakan yang sama dengan resep panggang di oven. Bila hendak dimasak, adonan tinggal tuang dan dipanggang di api kecil. Mengecek matang tidaknya, bisa dengan ditusuk-tusuk, kalau sudah berongga dan tidak lengket, brownies sudah matang.

4/ Martabak Manis

Jajanan manis yang populer dicari saat malam hari, biasanya dimasak di atas wajan tebal. Nyatanya bisa menggunakan teflon rumahan asalkan menggunakan api yang sangat kecil. Setelah dituang, tutup hingga di permukaan martabak terdapat gelembung dan adonan mulai berpori. Tambahkan gula dan sedikit margarin atau mentega favorit. Terakhir beri topping andalan sesuai selera, camilan manis rumahan siap di santap.

5/ Crepes

Sajian tipis khas Perancis yang mudah dibuat dengan teflon rumahan. Umumnya kulitnya basah dengan tambahan topping seperti potongan buah, es krim, dan saus manis. Pastikan bila ingin tipis kulitnya bisa menambahkan cairan seperti telur atau susu cair untuk mengencerkan adonan. Walau dari Perancis, Jepang-lah yang pertama kali menciptakan variasi tipis dan renyah. Bedanya wajan yang digunakan kebanyakan tebal dan berat.

Itulah 5 jenis kue yang bisa diolah di teflon. Selain itu, masih banyak jenis kue lain, terutama kue Indonesia yang mengandalkan alat penggorengan dibandingkan oven. Mau coba?

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.