Inovasi tidak hanya terjadi di dunia teknologi, tapi juga di dunia kuliner.

Seiiring berjalannya waktu, kita semua berkembang dan semakin maju dengan berbagai kreativitas masing-masing individu. Tidak terkecuali juga di dunia perkulineran. Berbagai inovasi kuliner telah tercipta buah dari pemikiran kreatif sang penciptanya.

Sekarang ini bisa kita rasakan langsung adalah berbagai inovasi di dunia teknologi yang mampu memudahkan kita dalam menjalani hidup sehari-hari. Misalnya adalah canggihnya berbagai fitur yang ada di ponsel dalam genggaman, cepatnya koneksi internet, hingga apapun bisa kita lakukan dengan memanfaatkan internet.

Dengan adanya internet seakan memangkas jarak meski ribuan kilometer jauhnya. Apapun yang terjadi di ujung dunia lain, kita masih bisa tau secara real time dengan adanya internet. Begitupun di dunia kuliner.

Makanan apa yang lagi tren sekarang ini di negara maju? Bisa diadaptasi langsung di sini. Atau di dunia sedang tren apa? Bisa diaplikasikan langsung di sini.

Seperti yang akan kita bahas dalam berbagai inovasi kuliner yang saat ini sudah bisa kita rasakan. Meski ada yang biasa aja, tetap itu terlahir dari sebuah pemikiran kreatif orang-orang di baliknya.

Yang baru aja kita lewatin belum lama ini adalah tren adanya mengubah susu Milo menjadi es yang dikepal atau nama bekennya adalah es kepal Milo. Menggunakan Milo bubuk dan es serut yang menjadi bahan utamanya.

Cara membuatnya yang mudah dan sensasi baru dalam menikmati susu membuat tren ini langsung menjamur di semua sudut kota di Indonesia. Hanya dengan mencampur Milo bubuk dengan krimer kental manis, lalu tuangkan di atas es serut yang sudah dibentuk membulat. Berbagai tambahan topping akan semakin membuat pengalaman baru menyantapnya lebih enak lagi.

Seakan hanya dengan menjentikan jari saja, peran inovasi dalam kuliner yang tren di media sosial langsung bisa dinikmati oleh semua orang.

Ada juga chicken salted egg yang merupakan ayam goreng disajikan dengan bumbu telur asin. Awalnya telur asin hanya dimakan langsung bersamaan dengan nasi sebagai tambahan lauk. Tetapi di tahun 2017 telur asin dibuat bumbu ayam goreng. Awalnya memang terdengar aneh, tapi kalo udah coba sekali dijamin ketagihan.

Jangan salah, chicken salted egg sempat menjadi trending topic hingga beberapa waktu menempati posisi di atas. Dengan populernya ayam goreng bumbu telur asin banyak juga restoran yang membuat menu utamanya adalah ayam telur asin.

Selain itu, ada juga restoran-restoran yang sudah telah lama berdiri membuat menu baru yaitu menu chicken salted egg demi bisa keep up dengan tren ini.

Telur asin sendiri bukan lagi makanan yang asing di Indonesia. Karena sejak lama sekali telur asin sudah ikut disajikan sebagai lauk.

Selain salted egg, inovasi lain yang cukup dikenal adalah berbagai macam olahan martabak kekinian yang juga cukup tenar sejak beberapa tahun lalu. Sebenarnya martabak yang dimaksud adalah martabak manis dengan topping yang kekinian.

Jika kita taunya martabak manis itu isinya cokelat, keju, dan wijen, sekarang ada banyak lagi macamnya dengan berbagai pilihan topping baru. Sebut saja seperti martabak red velvet, green tea, Nutella, KitaKat, dan lainnya.

Ada lagi inovasi yang nggak bisa ketinggalan, adalah bakso beranak. Diberi nama bakso beranak karena tampilannya adalah bakso yang besar, terdapat berbagai bakso kecil di dalamnya. Makanya disebut bakso beranak; seakan baksonya memiliki “anak” di dalamnya.

Kalau di atas tadi adalah beberapa inovasi kuliner yang ada di Indonesia, sekarang kita bahas beberapa inovasi yang berada di luar Indonesia alias di luar negeri. Ternyata inovasi yang terjadi pada dunia kuliner memang unik-unik sekali.

Seperti Clear Coffee yang membuat kopi seperti air mineral. Biasanya kita tau kalau kopi itu warnanya hitam atau cokelat (yang sudah dicampur krimer atau susu). Sebuah perusahaan yang di latar belakangi oleh para pecinta kopi membuat sesuatu yang tidak pernah terfikirkan oleh kita sebelumnya.

Mereka (pendiri Clear Coffee) mengaku adalah pecinta kopi tapi punya permasalahan yang sama; memiliki noda di gigi karena kopi. Dituliskan di dalam website mereka, karena hal tersebut mereka mencari sesuatu yang baru yang menyegarkan, natural, dan yang pasti bisa memuaskan minum kopi tapi tidak meninggalkan bekas noda di gigi.

Setelah melakukan penelitian akhirnya jadilah Clear Coffee yang merupakan inovasi dari kopi yang biasa kita tau. Merupakan kopi bening yang tidak mengurangi pengalaman minum kopi. Hingga saat ini minuman unik hasil inovasi sang empunya sudah bisa dinikmati oleh banyak orang.

Masih ada inovasi yang tidak kalah unik dan bikin geleng-geleng kepala ketika melihatnya. Adalah Ooho yang merupakan minuman air putih tapi tidak di botol. Melainkan seperti tetesan air yang besar. Cara menikmatinya adalah masukkan langsung ke dalam mulut kita. Wow.. Benar-benar nggak bisa dibayangakan kan?

Lihat aja video di atas agar lebih jelas lagi mengenai inovasi yang satu ini. Air dibungkus dengan lapisan jeli sehingga bisa langsung dinikmati. Bisa jadi ini merupakan salah satu langkah untuk mulai mengurangi sampah (botol) plastik yang semakin lama semakin mengkhawatirkan jumlahnya.

Seperti yang dituliskan di websitenya, Ooho bisa banget untuk membantu event olahraga. Karena bisa mengurangi plastik dan botol dalam menyajikan minuman. Ini juga sebagai solusi atas penggunaan tempat plastik yang sekali pakai. Selain itu biaya produksinya yang lebih murah dibandingkan dengan botol plastik.

Intinya kreasi pada dunia makanan juga nggak ada abisnya.

Masih banyak inovasi kuliner lainnya yang tidak bisa kita bahas satu-per-satu di sini. Yang pasti melihat dari banyaknya inovasi yang telah terjadi dalam dunia kuliner seperti sekarang ini, semakin membuat kita tidak sabar untuk menantikan kejutan apalagi yang akan dibawa oleh para pekerja di dunia kuliner.

Mereka yang membuat kita semakin kagum dengan inovasi yang mereka ciptakan. Mungkin kalau sekarang kita baru bisa menjadi penikmat dari produk inovasi yang telah tercipta, bukan hal yang mustahil ke depannya kita bisa menjadi salah satu kreator dalam membuat sesuatu yang baru.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.