Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ingin membuat ayam geprek yang menggugah selera? Ikuti cara-cara berikut. Dijamin ENDEUS!

Bagi ENDEUSiast yang sedang menempuh pendidikan di Jogja pasti sudah kenal dengan ayam geprek. Ada banyak sekali warung makan yang menawarkan menu ayam geprek. ENDEUSiast tinggal memesan dengan level kepedasan sesuai dengan selera ditambah dengan nasi yang bisa diambil sepuasnya.

Masakan yang satu ini juga menjadi alternatif bagi yang bingung mau makan apa. Bila ENDEUSiast malas untuk keluar rumah membelinya, tidak ada salahnya untuk membuat sendiri di rumah. Mau tahu? Inilah caranya.

1/ Ayam Dibumbui Terlebih Dahulu

Untuk membuat ayam geprek tidak hanya sekedar ada rasa pedasnya saja tetapi ENDEUSiast juga harus membuat bumbu utamanya terlebih dahulu agar dagingnya terasa gurih. Bumbu yang digunakan diantaranya adalah merica, bawang putih bubuk dan garam lalu oleskan di seluruh daging ayam sembari dipijat agar bumbunya cepat meresap. Lakukan selama 10 hingga 15 menit. Kalau mau ada terasa pedas bisa tambahkan cabai atau lada bubuk.

2/ Menggunakan Tepung Kering dan Tepung Basah

Bagaimana menghasilkan ayam geprek tepung yang krispi dan renyah? Caranya adalah dengan menggunakan 2 tepung yaitu tepung kering dan tepung basah. Ayam yang sudah dibumbui sebelumnya bisa langsung dimasukkan ke dalam adonan tepung basah baru setelah itu dicampur di adonan tepung kering. Itulah tahapan dalam pembuatan ayam tepung yang krispi sempurna. Cara ini juga berguna untuk membuat tepung pada ayam bisa menempel dengan baik sehingga pada saat digoreng tepung tidak akan hancur.

3/ Menggunakan Cabai Merah Segar

Untuk menciptakan rasa pedas nan lezat, cabai yang digunakan untuk ayam geprek haruslah jenis cabai merah yang segar. Untuk mengetahui mana cabai merah yang segar ENDEUSiast bisa lihat dari warnanya yang masih merah terang dan teksturnya yang tidak lembek. Perlu ENDEUSiast ingat bahwa jangan mencoba untuk mencampurkan cabai rawit merah dengan cabai jenis lainnya seperti cabai hijau karena justru akan memberikan rasa pedas yang berbeda dan warnanya tidak lagi merah.

4/ Tambahkan Pelengkap

Jika ingin sambal ayam geprek yang berbeda, ENDEUSiast bisa menggunakan tomat dan terasi sebagai pilihannya. Ini dikhususkan bagi yang menyukai terasi, bila tidak suka ENDEUSiast bisa mencari alternatif lainnya.

Memasak ayam geprek ternyata mudah kan? ENDEUSiast hanya perlu menyiapkan daging ayam segar, tepung terigu dan cabai rawit merah. Selanjutnya, tinggal mengikuti langkah-langkah di atas agar tercipta masakan ayam geprek rasa ala Jogja. Untuk membuatnya, bisa ENDEUSiast lihat resepnya di sini . Selamat membuat ayam geprek kreasi sendiri.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.