Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Bumbu memang memberikan kelezatan di setiap masakan, tak terkecuali dengan sajian Jepang. Kira-kira bumbu apa saja yang menjadi kelezatan sajiannya?

Jepang menjadi satu dari sekian banyak negara di Asia yang kulinernya memiliki kelezatan yang unik dan khas. Hal itu dikarenakan penggunaan bumbu di setiap hidangannya. Dari keunikannya itulah yang membuat makanan khas Jepang banyak diminati oleh masyarakat lokal maupun turis mancanegara.

Perpaduan bumbu yang pas mampu menghasilkan sajian yang kaya dengan rempah-rempah asli Jepang. Bagi ENDEUSiast yang tertarik untuk membuat masakan khas Jepang, mari kita intip bumbu apa saja yang dibutuhkan.

1/ Nori

Bahan makanan asal Jepang ini sudah dikenal dikalangan para pecinta kuliner di seluruh dunia karena banyak olahan makanan Jepang maupun Asia Timur lainnya yang menggunakan bahan nori. Bentuk nori seperti lembaran tipis yang terbuat dari rumput laut kering. Selain digunakan sebagai bumbu penyedap masakan, nori juga banyak digunakan untuk menghiasi makanan sushi Jepang yang dicampurkan bersama dengan nasi dan tambahan lauk lainnya.

2/ Kombu

Kombu menjadi bumbu yang wajib ada disetiap olahan masakan Jepang. Sama seperti nori, kombu juga banyak dipakai oleh masyarakat Asia Timur untuk penyedap masakannya. Kombu merupakan bahan masakan yang terbuat dari rumput laut atau ganggang laut dan kemudian diolah sebagai salah satu bahan dasar dalam pembuatan kuah kaldu khas Jepang atau biasa dikenal dengan dashi.

Bahan masakan ini biasanya dijual dalam bentuk satuan per lembar yang diolah kembali ketika memasak. Hindari mencuci kombu menggunakan air yang karena itu akan mengurangi kadar rasanya. Jadi ketika membersihkannya cukup dilap saja menggunakan kain lembab yang bersih.

3/ Mirin

Bagi ENDEUSiast pecinta anime pasti sudah tidak asing dengan bumbu penyedap yang satu ini. Bahkan di semua restoran khas Jepang pasti menggunakan bumbu ini. Beda dengan bumbu khas Jepang lainnya, mirin terbuat dari beras yang telah melewati proses fermentasi yang diolah sedemikian rupa sehingga tampak seperti minuman.

Mirin memiliki citra rasa yang manis dan sedikit asam karena didalamnya terdapat kandungan alkohol sebanyak 14% dan gula sebanyak 40-50%. Mirin banyak digunakan untuk campuran dalam pembuatan aneka saus jepang.

4/ Sesame Oil

Sesame oil atau yang lebih dikenal dengan minyak wijen memiliki tekstur yang kental dengan warna seperti kuning bening atau kuning gelap. Sesame oil banyak digunakan untuk bumbu rendaman daging atau masakan jenis tumisan seperti tumis daging lada hitam .

Demikianlah informasi tentang bumbu masakan khas Jepang semoga dapat membantu ENDEUSiast untuk menentukan jenis bumbu yang dibutuhkan.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.