Membeli kue sebagai oleh-oleh ketika liburan sudah seperti kebiasaan. Berikut ini beberapa kue yang sering dijadikan oleh-oleh di Indonesia.

Ketika liburan, membeli kue-kue khas daerah seudah menjadi kebiasaan. Ada banyak kue-kue khas daerah di Indonesia yang bisa dijadikan buah tangan. Bukan hanya tahan lama, namun kue-kue tersebut juga mempunyai rasa yang lezat sehingga cocok dijadikan oleh-oleh untuk teman ata sahabat. Berikut ini beberapa kue-kue khas yang banyak dicari sebagai oleh-oleh.

1/ Almond tuille

Almond tulle atau almond crispy adalah salah satu kue yang banyak dicari sebagai oleh-oleh ketika berlibur ke Surabaya. Makanan yang satu ini renyah dengan rasa ringan dan gurih dari tepung almond. Almond tuille memang dicetak sangat tipis sehingga teksturnya renyah dan ringan. Kue yang satu ini tersedia dalam berbagai jenis seperti blue berry, keju, cokelat, green tea, dan sebagainya.

2/ Bakpia

Siapa yang tidak kenal dengan bakpia , makanan khas Yogyakarta ini adalah salah satu kue oleh-oleh yang populer selama bertahun-tahun. Makanan yang satu ini dibuat dari tepung terigu dengan isian kacang hijau dan dipanggang hingga kering namun tetap empuk. Sekarang sudah banyak bakpia dengan isian beragam seperti keju dan coklat. Menemukan penjual bakpia juga tidak susah karena banyak toko-toko yang tersebar di Yogyakarta.

3/ Keripik sinjai

Beralih ke Sumatera Barat, ada kue oleh-oleh favorit yaitu keripik sinjai. Keripik ini adalah keripik singkong yang dgoreng dan kemudian diberi bumbu balado dengan rasa pedas, manis, dan gurih. Makanan ini adala salah satu yang paling banyak dicari ketika berlibur ke Padang.

4/ Amplang

Kalau ENDEUSiast berlibur ke Samarinda, ada satu kue yang menjadi oleh-oleh favorit yaitu amplang. Sekilas amplang ini terlihat seperti kerupuk ikan namun bedanya rasa ikan pada amplang lebih terasa. Amplang ini dibuat dari ikan tenggiri dan dicampur dengan bahan yang lain seperti tepung kanji dan bumbu-bumbu dan kemudian digoreng. Selan dalam bentuk yang digoreng, amplang juga tersedia dalam bentuk basah yang rasanya hampir mirip dengan pempek.

5/ Dodol

Berbicara masalah kue oleh-oleh favorit tidak lengkap rasanya bila tidak ada dodol. Dodol jenang adalah salah satu kue tradisional yang biasanya dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan tidak mudah basi. Tiap daerah mempunyai dodol khas sendiri-sendiri misalnya di Lombok ada dodol rumput laut sedangkan di Garut ada dodol Garut yang terkenal. Di daerah lain juga ada banyak jenis dodol lain dengan citarasa yang beragam.

6/ Pie susu

Kalau berkunjung ke Bali, tidak lengkap rasanya bila tidak membeli pie susu. Kue yang satu ini mempunyai rasa yang manis gurih dan juga teksur yang renyah. Pie susu biasa dijadikan oleh-oleh karena teksturnya yang kering dan tahan lama.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.