Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ikan dan seafood diolah menjadi sambal? Dengan rasa gurih alami ikan dan seafood, tentu rasa sambal akan jadi lebih enak!

Seafood memang terkenal mengandung rasa umami yang alami. Makanan jenis ini mengandung rasa gurih dan lezat meski tidak ditambahkan MSG. Sehingga banyak orang yang menggunakan seafood dan olahannya untuk membuat makanan termasuk sambal agar lebih sedap.

Sambal di Indonesia memang banyak yang menggunakan olahan ikan dan seafood agar rasanya gurih secara alami. Berikut ini beberapa seafood yang biasanya ditambahkan dalam pembuatan sambal.

1/ Rebon

Rebon adalah olahan udang yang berukuran kecil dan sudah dikeringkan. Kalau di luar negeri, udang rebon ini dikenal sebagai terasi shrimp karena udang ini memang bahan baku utama terasi.

Udang rebon kering berwarna kuning keemasan dan banyak dijual dalam keadaan kering ataupun bubuk. Rebon banyak digunakan untuk campuran sambal ataupun masakan berbahan ikan yang lain.

2/ Ebi

Ebi juga merupakan olahan ikan yang dikeringkan, hanya saja ukuran ebi lebih besar daripada udang rebon. Sebelum diolah, ebi harus direndam dalam air panas terlebih dahulu agar mengembang dan tidak kenyal.

Selain untuk sambal, ebi juga banyak digunakan untuk penyedap rasa pada tumisan, rempeyek, dan masakan yang lain. Ebi yang masih bagus biasanya berwarna jingga, namun kalau warnanya abu-abu atau putih berarti ebi sudah tidak bagus lagi.

3/ Petis

Petis adalah salah satu olahan udang yang juga populer di Indonesia. Petis ini dibagi menjadi dua jenis yaitu petis manis dan petis asin. Petis asin dibuat dari ikan pindang, sedangkan petis manis dibuat dari udang. Di beberapa daerah di Indonesia, petis ini digunakan untuk campuran sambal seperti pada sambal untuk rujak cingur dan tahu petis.

4/ Terasi

Terasi adalah salah satu olahan udang yang juga hampir selalu digunakan untuk sambal. Makanan yang satu ini adalah fermentasi udang rebon dengan bentuk padat dan berwarna kecoklatan. Terasi ini mempunyai rasa yang gurih dan aroma yang khas. Sambal terasi memang bisa membuat siapa saja tidak tahan dengan aromanya yg menggoda!

5/ Teri

Olahan ikan lain yang juga sering ditambahkan dalam sambal adalah teri. Ikan teri ini merupakan ikan yang berukuran kecil dengan rasa yang gurih. Biasanya ikan teri yang digunakan untuk campuran sambal adalah ikan teri nasi atau yang berukuran kecil. Ikan teri ini juga memberikan rasa gurih pada makanan seperti penggunaan udang.

6/ Ikan asap

Ikan juga merupakan salah satu olahan seafood yang banyak digunakan untuk sambal. Jenis ikan yang digunakan untuk sambal adalah olahan ikan asap cakalang atau roa. Sambal ikan roa ini bahkan menjadi salah satu sambal yang populer di Indonesia. Rasanya yang gurih dengan aroma khas dari proses pengasapan membuat sambal menjadi lebih harum dan Endeus!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.