Masakan Asia terkenal sebagai sajian padat bumbu dan rempah. Namun, setiap negara di Asia memiliki ciri khas tersendiri. Yuk, langsung simak!

Masakan Asia adalah salah satu kuliner yang populer di dunia. Setiap negara di Asia mempunyai masakan khas sendiri yang berbeda dengan negara lain. Faktor yang membedakan masakan-masakan di Asia adalah bumbu dan rempah yang digunakan, cara memasak, dan juga bahan-bahan lain yang digunakan. Ciri khas ini yang membuat masakan Asia menjadi spesial dan banyak dicari orang. Berikut ini beberapa ciri khas masakan Asia berdasarkan negara asalnya.

1/ Thailand dan Vietnam

Masakan Thailand terkenal dengan rasanya yang harmonis perpaduan dari asin, manis, pedas, dan asam. Ciri khas masakan Thailand adalah penggunaan kecap ikan dan daun ketumbar (biji, daun, dan akar) dengan jumlah yang banyak. Selain itu, masakan Thailand juga menggunakan rempah-rempah beraroma seperti serai, daun jeruk, dan kemangi.

Masakan Vietnam dibedakan berdasarkan daerahnya. Vietnam bagian utara mempunyai ciri khas masakan yang dengan banyak kecap karena mendapat pengaruh dari masakan Cina. Vietnam bagian selatan banyak mendapatkan pengaruh dari kuliner India dan Perancis sehingga banyak menggunakan bumbu kari. Sedangkan Vietnam bagian tengah adalah kuliner asli negara ini dengan ciri masakan yang berbumbu dan berwarna.

2/ Jepang dan Korea

Ciri khas masakan Jepang adalah minimalis, sederhana, namun dengan penyajian yang menarik. Kunci kelezatan masakan Jepang ini terletak pada kesegaran bahan dan teknik memasak yang tepat sehingga rasa masakan tetap lezat.

Masakan Korea banyak dipengaruhi oleh masakan Jepang dan Cina karena dua negara ini pernah menjajah Korea dalam waktu lama dan juga dipengaruhi oleh masakan Korea sendiri. Ciri khas masakan Korea adalah menggunakan cabai, jahe, wijen, dan bawang putih dalam jumlah yang banyak.

3/ Cina

Masakan Cina adalah salah satu masakan yang populer di dunia. Kuliner Cina ini sebenarnya dibagi menjadi beberapa jenis tergantung dengan daerahnya seperti Szechuan, Shandong, Cantonese, dan sebagainya. Ciri utama masakan Cina adalah menggunakan bawang putih jahe, aneka macam saus, dan juga arak masak.

4/ India

Ciri khas makanan India adalah paduan rempah dan bumbu-bumbu yang banyak. Selain itu, masakan India juga banyak menggunakan ghee yaitu semacam mentega berwarna bening yang mempunyai rasa dan aroma yang berbeda dengan mentega biasa. Kuliner India ini banyak menggunakan nasi dan roti sebagai makanan pokok.

5/ Indonesia, Singapura, Malaysia

Ada banyak kemiripan antara masakan Indonesia dengan Malaysia khususnya masakan Sumatera. Masakan ini mempunyai ciri khas bersantan dan juga menggunakan rempah-rempah yang banyak. Beberapa jenis masakan yang mirip dari dua negara ini adalah gulai, kari, dan masakan yang lain.

Meskipun Singapura berada di antara Indonesia dan Malaysia, namun kuliner negara ini lebih bervariasi. Hal ini karena banyak pengaruh dari negara Cina yang menghiasi kuliner Singapura. Contohnya saja Chicken Rice , Qing Tang , hingga Bak Kut Teh .

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.