Jangan lupa perhatikan hal mudah berikut

"

Buah manggis memang sedang mudah didapatkan beberapa waktu terakhir ini. Rasanya yang manis dengan sedikit masam, dengan tekstur daging lembut memang membuat buah ini sering jadi favorit banyak orang/

Namun, memilih manggis ternyata memiliki trik sendiri. Salah-salah kita akan mendapatkan manggis bergetah kuning yang menciptakan rasa getir, keras membatu, hingga busuk di dalam.

Untuk mencegahnya, ini dia beberapa trik yang bisa dilakukan guna mendapatkan buah manggis dengan kualitas terbaik.

1/ Perhatikan warna kulit manggis

Manggis memiliki warna dasar ungu. Jika ingin mendapatkan manggis yang matang sempurna, kamu bisa memilih manggis dengan warna ungu tua. Hindari manggis yang memiliki warna kehijauan, kehitaman, ataupun mengeluarkan getah warna kuning.

2/ Raba dan tekan perlahan permukaan buah manggis

Manggis yang memiliki permukaan lembut menandakan daging buah sudah matang dan siap disantap.

Buah manggis yang terlalu keras dan menghitam menandakan buah yang sudah terlewat matang, daging buahnya pun seringkali busuk di dalam. Sedangkan buah manggis yang keras namun masih berwarna kehijauan, menandakan buah manggis masih mudah dan belum matang saat dipetik.

3/ Manggis bertangkai utuh

Buah manggis dengan kualitas baik, masih memiliki tangkai yang terdapat daun kelopak utuh dan berwarna hijau segar.

4/ Hindari getah manggis

Manggis dengan getah berwarna kekuningan pada bagian kulit sebenarnya menandakan kondisi buah di dalam manggis yang juga bergetah. Ini dikarenakan buah sempat terjatuh atau tertindih, yang lalu mengakibatkan kulit manggis penyok.

Kesenangan menyantap manggis pun jadi sedikit terganggu, karena terdapat sensasi pahit yang sedikit getir.

5/ Melihat jumlah kelopak

Ingin mendapatkan manggis yang mudah disantap, pilih dengan cara melihat jumlah kelopak bunga yang ada di bagian bawah buah. Memilih buah manggis di atas lima menjadi pilihan tepat, karena daging buahnya yang kecil dan bisa langsung telan.

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.