Cara Memasak Keripik Ubi yang Renyah Tahan Lama
Cara Memasak Keripik Ubi yang Renyah Tahan Lama

Cara memasak keripik ubi yang renyah dan tahan lama ternyata tidak susah. Berikut ini beberapa tips suksesnya.

Cara memasak keripik ubi yang renyah dan tahan lama ternyata tidak susah. Berikut ini beberapa tips suksesnya.

Beberapa dari ENDEUSiast mungkin berpikir bagaimana cara memasak keripik ubi yang bisa renyah seperti keripik dalam kemasan. Kunci kesuksesan membuat keripik ubi terletak pada proses pembuatan dan juga bahannya. Bila dilakukan dengan benar, keripik ubi buatan sendiri juga bisa terasa renyah dan tahan lama.

Memasak keripik ubi memang diperlukan ketelatenan, terutama dalam pengirisan ubi. Berikut ini beberapa tips sukses membuat keripik ubi yang renyah dan layak jual.

1/ Pilih ubi yang tepat

Sebenarnya hampir semua jenis ubi bisa digunakan untuk keripik, Namun sebaiknya pilih jenis ubi yang mengandung sedikit air agar ketika digoreng bisa menjadi renyah. Jenis ubi yang paling cocok untuk membuat keripik adalah ubi putih karena kandungan airnya sedikit sehingga tidak lembek ketika digoreng.

Jenis ubi lainnya adalah ubi kuning meskipun kandungan airnya sedikit lebih banyak dari pada ubi putih.

2/ Pengirisan ubi

Hampir semua keripik, termasuk ubi, pisang, singkong, dan sebagainya, harus diiris secara tipis. Agar keripik bisa renyah merata, iris ubi dengan ketebalan yang sama. Jangan sampai ada yang diiris tebal ada yang tipis karena nanti ketika digoreng tidak bisa matang merata.

Setelah dikupas, cuci ubi dalam air mengalir dan iris tipis. ENDEUSiast bisa menggunakan parutan khusus keripik agar ketebalannya bisa merata. Setelah diiris, rendam ubi dalam air kapur sirih selama beberapa saat untuk menghilangkan pati yang menempel. Merendam irisan ubi dalam air kapur sirih akan membuat tekstur keripik lebih renyah.

3/ Menggoreng keripik ubi

Menggoreng keripik ubi juga harus diperhatikan. Goreng keripik dalam air kecil sampai sedang agar keripik tidak mudah gosong padahal belum matang. Agar keripik tidak cepat lembek, usahakan minyak untuk menggoreng sudah dalam keadaan panas.

Goreng keripik sedikit lebih lama agar kandungan airnya benar-benar hilang dan teksturnya bisa renyah.

4/ Membumbui keripik ubi

Keripik ubi memang banyak disajikan dengan bumbu-bumbu seperti bumbu balado, jagung bakar, dan sebagainya. Tahapan membumbui ini juga sangat penting karena bila prosesnya salah, bumbu malah tidak melekat pada permukaan keripik.

Agar bumbu bisa melekat pada permukaan keripik, campur bumbu ketika keripik dalam keadaan hangat. Hindari mencampur bumbu dalam keadaan panas karena uap atau minyak yang menempel pada keripik akan menyebabkan keripik cepat melempem.

5/ Penyimpanan keripik ubi

Agar keripik tetap renyah dalam waktu yang lama, simpan keripik dalam toples atau kemasan dengan tutup yang rapat. Simpan keripik bila sudah dingin agar tidak ada uap atau minyak yang ikut masuk ke dalam toples. Pastikan untuk menutup rapat toples setelah mengkonsumsi keripik.

Endeustorial

Ikuti Instagram