Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Cara memasak dan membuat bento ternyata ada triknya loh. Bento yang kelihatannya mudah, memiliki tips agar hasil akhirnya unik dan cantik.

Membawa bekal sendiri itu menyenangkan dan menghemat pengeluaran. Selain itu, makanan rumah jelas lebih sehat, karena ENDEUSiast bisa mengontrol bahan dan kebersihan sendiri. Apalagi jika masakannya enak dan sedap dipandang, wah…. jadi ingin bawa bekal ya?

Tapi kalau ENDEUSiast Cuma bawa bekal yang itu-itu saja, tentu kurang menarik. sesekali coba hal yang lucu dan unik seperti bento box yang ada di bawah ini. Coba buat, yuk!

1/ Gunakan Minyak Sayur

Masak bahan yang ENDEUSiast mau dengan menggunakan minyak sayur. Fungsinya adalah supaya makanan tetap lembut ketika sudah dingin. Contoh minyak sayur yang mudah ditemukan di supermarket adalah minyak wijen dan zaitun.

Mengapa minyak sayur? Karena menggunakan minyak hewani akan membuat makanan jadi keras ketika sudah dingin.

2/ Bumbu banyak dan harum

Bento mungkin akan dimakan beberapa jam setelah dimasak, dan sudah pasti cita rasanya akan menurun. Oleh karena itu, gunakan bumbu yang cukup kuat dan beraroma sehingga ketika dimakan beberapa saat kemudian, bento akan tetap terasa lezat, gurih, dan menggugah selera.

Untuk bumbu yang dapat membuat harum, ENDEUSiast bisa menambahkan bawang putih, jahe, atau wijen.

3/ Full Matang, Tanpa Cairan

Makanan yang setengah matang akan cepat basi dan kualitasnya memburuk dengan lebih cepat. Seperti daging atau telur, masak keduanya secara matang dan jangan menyisakan cairan lain karena makanan akan terasa tidak enak.

Selain itu mengenai cairan, gunakan nasi dan lauk yang tidak panas dan uapnya masih mengepul, karena air akan terperangkap di dalam box. Juga ketika membawa bekal salad, pastikan sayuran sudah kering betul setelah dicuci. Bersihkan kelebihan minyak dalam lauk bento. Minyak bisa membuat lengket dan makanan jadi lembek karenanya.

4/ Pilih Warna yang Cantik

Sebelum memasak bento, kunci untuk membuatnya menjadi lucu dan unik adalah dengan menggunakan berbagai warna-warna alami lauk pauk. Misalnya saja putih dari nasi, kuning dari telur dadar, cokelat dari daging dan sebagainya. Untuk memasak sayur, pastikan warna hijaunya tidak memudar karena terlalu lama memasak. Ini akan membuat bento jadi tidak enak dilihat.

5/ Menyusun Bento Agar Cantik

Ingat untuk menyusun bento dari potongan yang paling besar terlebih dahulu. Ini dimaksudkan supaya makanan tidak tumpang tindih dan malah menjadi bencana saat dibuka. Selain itu perhatikan kefleksibelan makanan, ketika makanan bentuknya sulit diubah, ia harus ditaruh setelah nasi.

Bentuk bento sesuai keinginan, misalnya bento onigiri karaage dengan karakter wajah tersenyum. Selain nasi putih, nasi goreng juga bisa digunakan untuk menghasilkan warna yang lebih bervariasi.

Biasanya, untuk mencegah bento basi, orang Jepang punya menaruh acar plum atau mengelap box bento dengan cuka atau menaruh bento bersama ice pack. Nah, mudah bukan membuat bento? Yuk coba!

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.