Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Ingin mempersingkat waktu saat mempersiapkan sajian buka puasa? Simak beberapa tip memasak berikut.

Ketika bulan puasa, salah satu hal yang berat bukan hanya menahan lapar dan haus tapi ketika makan sahur. Terkadang makanan seperti tahu goreng atau telur dadar terlihat tidak menggugah selera dan menyebabkan sahur menjadi kurang bersemangat. Di sisi lain, memasak makanan saat sahur juga cukup ribet karena waktu yang dimiliki terbatas.

Salah satu solusi agar tetap bisa menyediakan makanan lezat dan menggugah selera saat sahur adalah dengan menyimpan bumbu dasar. Bumbu dasar ini akan sangat bermanfaat untuk sahur dan juga bisa digunakan untuk menyiapkan makanan buka puasa.

Bumbu dasar

Bumbu dasar biasanya terdiri dari perpaduan bawang putih, bawang merah, merica, kemiri, dan bumbu-bumbu lainnya. Bumbu dasar ini kemudian dihaluskan dan ditumis hingga matang. Bumbu bisa disimpan dalam toples dan dimasukkan dalam kulkas. Bumbu dasar ini bisa digunakan untuk membuat makanan buka puasa maupun sahur dan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah.

Kaldu

Selain bumbu dasar, kaldu juga harus ada di dalam kulkas sebagai persediaan. Kaldu ini bisa digunakan untuk berbagai makanan buka puasa seperti sup, tumis, kuah bakso, mie, dan sebagainya. Agar kaldu lebih tahan lama, simpan kaldu dalam plastik kecil kemudian simpan dalam freezer. Cara ini juga membantu agar nutrisi dalam kaldu tetap terjaga dan kaldu tidak mudah basi.

Makanan beku

Ada saat dimana badan sudah lelah karena berpuasa seharian sehingga sudah tidak lagi semangat untuk memasak. Dalam keadaan seperti ini makanan beku bisa menjadi penolong. Nugget, bakso, ayam ungkep, dan makanan beku yang lain hanya perlu digoreng atau direbus sebelum disajikan. Meskipun cepat namun makanan beku tetap mempunyai rasa yang lezat. Cek disini resep nugget.

Roti kering atau beku

Selain makanan beku, roti beku atau kering juga bisa menjadi salah satu penyelamat ketika sudah terlalu lelah untuk memasak makanan buka puasa. Roti beku ini cukup dihangatkan kembali dalam oven dan bisa langsung disajikan. Rasanya pun tidak kalah lezat dengan roti yang baru saja dibuat.

Makanan kaleng atau instan

Makanan instan atau kaleng memang bukan pilihan makanan sehat namun bisa menjadi penolong disaat-saat tertentu. Pilihlah makanan instan atau kaleng yang mempunyai nilai gizi seperti sarden, bubur instan, mie instan, dan sejenisnya. Meskipun praktis namun sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering karena mengandung garam yang tinggi dan juga mengandung pengawet.

Buah-buahan

Meskipun sedang berpuasa, buah-buahan tetap harus dikonsumsi untuk menyeimbangkan asupan gizi. Buah-buahan membantu melancarkan pencernaan juga memberikan asupan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.