Beberapa bumbu masakan khas Jepang masih sulit untuk ditemukan di Indonesia. Maka ENDEUSiast harus bisa mengakalinya dengan menggunakan bumbu lokal.

Bagi yang menyukai masakan Jepang pasti sudah tidak asing lagi dengan bumbu dashi, mirin, sake, shoyu dan miso. Semua bahan tersebut memang kerap dijadikan sebagai bumbu disetiap masakan Jepang. Namun, sayangnya bumbu tersebut masih sulit ditemukan di Indonesia. Tidak banyak swalayan yang menjual bumbu khas Jepang.

Bahkan beberapa diantara bumbu tersebut juga ada yang mengandung alkohol sehingga kurang cocok bagi masyarakat Indonesia. Maka dari itu salah satu caranya adalah dengan menggantikannya menjadi bumbu Indonesia.

Ada banyak bumbu Indonesia yang hampir sama dengan bumbu Jepang. Selain mudah didapat, bumbu yang kita buat pun dijamin halal dan bebas alkohol. Bagi yang ingin mencobanya dirumah, bisa simak tipsnya dibawah ini.

1/ Shoyu

Kecap soya atau dengan nama lain shoyu ini merupakan kecap asin asli Jepang yang terbuat dari kedelai yang telah melalui proses fermentasi. Pada masakan Jepang, shoyu memiliki peranan penting untuk memberikan citra rasa khas disetiap masakan. Maka tidak heran bila hampir semua masakan Jepang menggunakan shoyu. Di beberapa swalayan sudah ada yang menjual shoyu dan tentunya dengan label halal karena disesuaikan dengan kondisi masyarakat Indonesia.

Tetapi bila ENDEUSiast tidak tertarik untuk membelinya bisa membuat sendiri dirumah dengan menggunakan kecap asin yang diencerkan dengan cara diberi air secukupnya karena sifat shoyu memiliki rasa asin yang ringan.

2/ Miso

Sama seperti shoyu, miso merupakan bumbu khas Jepang yang terbuat dari pasta kedelai yang telah difermentasi. Miso juga memiliki peranan penting dalam memberikan rasa pada masakan Jepang. Bumbu yang satu ini memiliki cita rasa yang asin gurih, tergantung dari jenisnya dan proses pembuatannya. Beberapa makanan yang menggunakan miso diantaranya miso sup atau miso ramen.

Jika sulit mendapatkan miso, ENDEUSiast bisa menggantinya dengan tauco. Walaupun tampilannya dan rasanya sedikit berbeda, namun kedua bahan tersebut sama-sama terbuat dari kedelai yang difermentasi. Untuk jenis masakan yang menggunakan tauco bisa berupa udang masak tauco .

3/ Dashi

Dashi merupakan bumbu yang terbuat dari perpaduan katsuobushi (serutan ikan bonito kering)dan konbu (sejenis rumput laut). Kedua bahan tersebut direbus bersamaan lalu setelah matang diambil sarinya. Bila ENDEUSiast kesulitan untuk menemukan kedua bahan tersebut maka solusinya gantilah menjadi kaldu jamur. Untuk rasanya tidak jauh berbeda dengan bumbu dashi.

Sangat mudah kan mengganti aneka bumbu Jepang dengan bumbu khas Indonesia. ENDEUSiast tidak perlu pusing lagi mencari bahan yang sulit didapat di Indonesia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.