Bumbu Dapur Pencipta Rasa Gurih Selain Kecap Asin
Bumbu Dapur Pencipta Rasa Gurih Selain Kecap Asin

Bumbu kecap asin merupakan bahan dapur yang digunakan untuk memberikan aroma khas pada masakan. Ini beberapa bumbu yang bisa menggantikannya.

Bumbu kecap asin merupakan bahan dapur yang digunakan untuk memberikan aroma khas pada masakan. Ini beberapa bumbu yang bisa menggantikannya.

Bumbu kecap asin menjadi salah satu andalan pada masakan untuk memberikan rasa dan aroma yang lezat. Salah satu masakan yang paling banyak menggunakan kecap asin adalah tumisan. Tumisan menjadi favorit orang Indonesia karena bahan yang digunakan serta proses pembuatannya tidaklah sulit. Cita rasa khas dari tumisan juga sangat menggugah selera. Itu juga karena penggunaan kecap asin.

Bagaimana jadinya bila di rumah kita tidak punya atau kehabisan kecap asin? Maka untuk mensiasatinya adalah menggantikannya dengan menggunakan bumbu alternatif yang sejenis. Apa saja jenis bumbu dapur yang bisa dipakai untuk mengganti kecap asin? Ini dia daftarnya.

1.

Saus Tiram

Bumbu dapur yang bisa ENDEUSiast manfaatkan untuk mengganti kecap asin adalah saus tiram. Ciri khas dari saus tiram adalah aromanya yang sedang serta rasanya yang gurih. Jika ENDEUSiast ingin mencampurkannya sebagai bahan dalam masakan tumisan, cukup gunakan sedikit saja dan cicipi rasanya karena walau hanya diberikan sedikit saus tiram, tumisan sudah terasa lezat dan beraroma sedap.

Jangan lupa untuk memberikan tambahan bumbu lainnya seperti garam, lada dan bawang putih secukupnya untuk memberikan cita rasa tumisan yang semakin lezat. Salah satu resep tumisan yang bisa menggunakan saus tiram adalah resep tumis ayam buncis.

1.

Kecap Inggris

Tidak ada kecap asin, kecap inggris pun jadi. Jenis kecap yang satu ini tidak hanya bisa ENDEUSiast gunakan untuk keperluan memasak seperti tumisan saja tetapi bisa ENDEUSiast manfaatkan untuk sajian yang dipanggang dan dibakar. Untuk memberikan tambahan rasa yang sedap pada masakan, campurkan juga bumbu lainnya seperti garam dan lada. Masukkan bersamaan dengan kecap inggris. Dijamin masakanmu akan semakin terasa kelezatannya.

1.

Kaldu Sayuran Bubuk

Bumbu lainnya yang bisa ENDEUSiast manfaatkan adalah kaldu sayuran bubuk. Bubuk kaldu ini bisa ENDEUSiast temukan di berbagai swalayan, tidak sulit untuk menemukannya. Fungsi dari kaldu sayuran bubuk ini adalah untuk memberikan cita rasa gurih yang khas serta aroma kuat pada masakan yang ENDEUSiast buat.

Bila kaldu sayuran bubuknya semakin terasa seperti kecap asin maka ENDEUSiast harus menambahkan berbagai bumbu lainnya seperti merica, lada, garam, jahe, minyak wijen, cuka apel dan air secukupnya. Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu dan masukkan ke dalam masakan. Cicipi rasanya untuk memastikan bahwa rasa masakannya sudah sesuai dengan yang diinginkan.

Itulah beberapa rekomendasi bumbu dapur yang bisa ENDEUSiast pakai untuk mengganti kecap asin. Rasa dan aromanya pun tidak kalah dengan kecap asin aslinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat memasak.

Endeustorial

Ikuti Instagram