Cara Membuat Nasi Kuning Dengan Rice Cooker, Praktis Banget
Cara Membuat Nasi Kuning Dengan Rice Cooker, Praktis Banget

Nasi Kuning Rice Cooker Praktis Untuk Dibuat di Rumah

Cara membuat nasi kuning rice cooker ternyata bukan hal yang mustahil loh. Cara membutnya pun terbilang cukup mudah. Simak caranya di bawah ini

Nasi kuning rice cooker sangat praktis untuk dibuat di rumah. Nasi adalah salah satu makanan pokok di Indonesia yang dikonsumsi hampir setiap hari. Selain nasi putih, ada banyak jenis olahan nasi lainnya seperti nasi kuning yang sering dihidangkan untuk acara spesial.

Seperti namanya, nasi kuning ini dibuat dengan mencampur beras dengan kunyit sehingga hasilnya nasi menjadi berwarna kuning cerah dan rasanya lebih gurih dibandingkan nasi putih biasanya.

Membuat nasi kuning sebenarnya nggak begitu susah, bahkan saking gampangnya kita juga bisa membuatnya dengan menggunakan rice cooker .

Memasak nasi kuning rice cooker nggak jauh berbeda dengan memasak nasi biasa, namun ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan. Simak cara membuat nasi kuning rice cooker berikut ini.

1. Gunakan beras berkualitas

Cara membuat nasi kuning yang lezat adalah memakai bahan yang berkualitas, tak terkecuali ketika kita ingin membuat nasi kuning. Adalah beras yang berkualitas yang harus dijadikan pilihan.

Kita bisa memilih beras yang pulen dan berkualitas sehingga hasil nasi kuning bisa lembut dan tidak keras. Jangan menggunakan beras yang bertekstur kasar karena akan membuat tekstur nasi kuning menjadi keras dan kurang enak ketika dimakan nantinya.

Jika nggak ada beras yang pulen, kita bisa menambahkan sedikit beras ketan untuk membuat nasi kuning menjadi lebih pulen. Beras ketan yang ditambahkan juga nggak perlu terlalu banyak. Cukup satu genggam saja untuk satu kali memasak nasi kuning.

2. Tambahkan perasan jeruk nipis

Cara membuat nasi kuning yang mengkilap, kita bisa menambahkan air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Air jeruk nipis bisa ditambahkan di awal ketika memasak ataupun ketika nasi masih baru matang. Nggak perlu menambahkan banyak air jeruk nipis bila khawatir rasanya akan menjadi asam, cukup tambahkan satu sendok makan saja. Jeruk nipis ini juga membantu membuat nasi kuning menjadi lebih awet dan nggak mudah basi.

3. Gunakan santan segar

Menggunakan santan instan memang praktis, namun bila ingin rasa nasi kuning yang enak, sebaiknya gunakan santan yang segar. Gunakan santan yang diperas langsung dari buah kelapa agar rasa gurihnya tetap terjaga. Santan yang digunakan nggak perlu santan kental, santan dengan kekentalan sedang sudah cukup untuk membuat nasi kuning.

4. Tambahkan rempah-rempah

Nasi kuning memang ditambahkan dengan rempah-rempah, utamanya kunyit. Namun sebelum menambahkan, sebaiknya kunyit dibakar terlebih dulu. Kunyit yang dibakar sebelum dihaluskan memberikan warna kuning yang cantik dan rasa yang tidak langu.

Selain itu, tambahkan juga rempah-rempah lain seperti daun salam, daun jeruk, daun pandan, dan batang serai bila suka agar rasa nasi kuning semakin lezat.

5. Aduk nasi setelah matang

Cara memasak nasi kuning sama dengan memasak nasi pada umumnya, hanya saja nasi kuning menggunakan santan dan juga rempah-rempah. Sehingga cara memasaknya juga hampir sama. Segera setelah nasi kuning matang dari rice cooker , aduk nasi. Dalam keadaan ini nasi bisa saja masih basah, sehingga perlu diaduk agar bisa matang merata.

Endeustorial

Ikuti Instagram