7 alternatif kuliner ketika bosan makan ketupat di hari lebaran.

Lebaran udah tinggal hitungan hari. Ketupat dan opor juga udah siap-siap untuk dibuat. Semakin membuat perut dan lidah kita jadi nggak sabar untuk menyantapnya.

Tetapi ketika hari Lebaran tiba, pagi kita makan ketupat, siang pun makanannya ketupat. Sore hari bisa dipastikan mulut kita udah bosan dengan ketupat. Makanya nggak sedikit orang yang mencari makanan lain sebagai pengganti ketupat.

Berikut ini adalah 7 makanan yang paling banyak dicari ketika bosan menyantap ketupat:

1. Bakso

Penjual bakso adalah orang yang paling banyak dicari di hari lebaran. Karena daging bakso dengan kuahnya yang nggak kental berbeda dengan opor bisa mengobati mulut kita yang bosan dengan opor ketupat.

Bihun dan mie kuning yang ada di dalam semangkuk bakso bisa menggantikan ayam pada opor dan sayur labu sebagai pelengkap menikmati ketupat.

2. Mie ayam

Orang Indonesia itu suka banget sama makan mie. Apapun jenisnya, mie selalu menjadi favorit. Makanya abang mie ayam selalu dicari pada sore hari di hari raya Idul Fitri.

Berbeda dari hari-hari biasanya, peminat mie ayam ketika hari Lebaran lebih banyak peminatnya. Bahkan ada juga yang sengaja hunting abang mie ayam supaya bisa menghilangkan bosan menikmati ketupat.

3. Bakwan malang

Dengan alasan yang sama, pedagang bakwan malang juga mengalami peningkatan dicari orang. Kuliner asal Jawa Timur yang satu ini memiliki isi yang lebih beragam; baik yang digoreng maupun yang direbus/kukus daripada bakso biasanya.

4. Asinan betawi

Asinan betawi menggunakan bahan campuran dari beberapa sayuran yang kemudian disiram dengan bumbu kacang yang rasanya kombinasi antara asam dan pedas yang seimbang. Rasanya yang segar bisa membuat siapapun nggak bisa berenti makannya.

Apalagi kalo dinikmatinya dengan kerupuk kuning yang memang khas asinan betawi. Bukan di hari Raya Idul Fitri aja banyak yang mencarinya, apalagi pas Lebaran pas ketika banyak orang bosan dengan ketupat?

5. Pempek

Pedas gurihnya cuka pempek langsung terngiang ketika mengingat pempek. Juga selalu menjadi pilihan teratas ketika bosan menikmati ketupat. Pempek bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai menu pengganti di Hari Raya Idul Fitri ini.

6. Siomay

Salah satu pedagang yang banyak keliling adalah penjual siomay. Bumbu kacangnya bisa mengobati rasa di mulut kita yang sudah penuh dengan santan karena makan makanan khas Lebaran.

Makanya nggak heran kalo penjual siomay sangat dinantikan kehadirannya.

7. Sate

Satu lagi yang menggunakan bumbu kacang adalah sate. Kalo kita bosan makan ayam karena sudah ada di opor, bisa memilih sate kambing. Kalo sate kambing enaknya pake bumbu kecap yang ditambahkan dengan cabai rawit dan bawang merah.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.