Berikut ini Cara Menyimpan Bahan Makanan Saat Nggak Sempat Berbelanja
Berikut ini Cara Menyimpan Bahan Makanan Saat Nggak Sempat Berbelanja

Belakangan ini kita nggak bisa sering-bering berbelanja, untuk kita wajib tau nih cara menyimpan bahan makanan berikut ini.

Dengan aktivitas sehari-hari yang serba sibuk, banyak dari kita yang hanya sempat berbelanja satu minggu satu kali atau bahkan satu bulan sekali. Bila udah begini, biasanya kita membeli bahan makanan dalam jumlah yang banyak kemudian disimpan untuk stok.

Menyimpan bahan makanan terutama sayuran dan daging dalam jumlah yang banyak tentu saja nggak bisa dilakukan sembarangan. Bila salah dalam penyimpanan, bahan makanan malah cepat basi dan busuk. Berikut ini adalah beberapa cara menyimpan bahan makanan bila tidak sempat berbelanja sering-sering.

1. Hindari menyimpan semua makanan dalam kulkas

Sebagian besar orang berpikir bila semua sayuran harus disimpan di kulkas. Padahal nggak semua sayuran harus disimpan di kulkas karena malah membuatnya lembab dan cepat membusuk.

Bawang merah, bawang putih, kentang, dan sejenisnya adalah bahan makanan yang nggak perlu disimpan di dalam kulkas. Justru makanan ini sebaiknya disimpan dalam tempat yang kering dan malah bisa bertahan hingga seminggu.

2. Beli buah yang sedikit mentah

Bila membeli buah dalam jumlah yang banyak, sebaiknya hindari membeli buah dalam keadaan matang semua. Buah yang sudah matang nggak bisa bertahan lama dan malah akan cepat membusuk.

Sebaiknya beli buah yang matang dan mentah atau setengah matang karena nanti buah akan matang dengan sendirinya seiring waktu. Untuk buah yang matang bisa langsung dikonsumsi, sedangkan yang setengah matang atau yang mentah bisa disimpan. Dengan cara ini bisa mencegah buah menjadi terlalu matang dan malah cepat membusuk. Namun bila buah akan segera dikonsumsi, bisa juga untuk membeli buah yang matang namun batasi jumlah pembelian agar nggak perlu distok terlalu lama.

3. Atur suhu kulkas

Meskipun disimpan di dalam kulkas, biasanya sayuran dan buah ada yang malah menjadi membeku atau freeze burn . Untuk mencegah buah dan sayur membusuk di dalam kulkas, kita bisa mengatur suhu kulkas agar nggak terlalu dingin. Kita bisa mengatur suhu kulkas sekitar 4 derajat agar sayuran dan buah tidak cepat membusuk karena suhu yang terlalu dingin.

4. Bungkus daging dengan aluminium foil

Berbeda dengan buah dan sayuran, daging merah dan ayam harus disimpan di dalam freezer untuk mencegah pembusukan. Menyimpan daging dalam freezer juga sebaiknya nggak langsung begitu saja disimpan, namun daging harus dibungkus dengan plastik atau aluminium foil. Bungkus kedap udara ini akan membuat daging bisa disimpan dalam waktu yang lama di dalam freezer .

5. Simpan sayuran berdasarkan jenisnya

Menyimpan sayuran dalam kulkas juga sebaiknya tidak dicampur. Pisahkan sayuran berdasarkan jenisnya kemudian simpan dalam kantong plastik atau wadah kedap udara. Menyimpan berbagai macam sayuran dalam satu wadah yang sama akan membuat sayuran lebih cepat busuk. Dengan cara ini laju pembusukan bisa diperlambat dan menjadi sayuran lebih tahan lama.

Endeustorial

Ikuti Instagram