Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Di Jepang, Tahu diolah menjadi berbagai masakan yang endeus. Mau tahu apa saja? Simak sampai habis, ya.

Tahu merupakan bahan makanan pengganti protein hewani yang sering yang terbuat dari endapan susu kedelai. Bahan makanan ini begitu murah jika dibandingkan dengan telur, ikan, atau daging.

Selain di Indonesia, tahu juga kerap diolah menjadi masakan di Jepang. Tahu yang lebih dikenal dengan nama tofu di Negeri Sakura. Jika ENDEUSiast ingin mencoba cita rasa tahu yang berbeda dari biasanya, ENDEUSiast bisa memilih memasak berbagai sajian lezat asal Jepang berikut ini.

1/ Yudofu

Yodofu berasal dari Kyoto, Jepang. Masakan ini dibuat dengan cara merebus tofu (tahu) di dalam yu (air panas). Kuahnya dibumbui menggunakan kaldu ringan bernama kombu. Sajian ini lezat banget karena dilengkapi dengan shoyu atau ponzu (soy sauce rasa lemon). Sajian ini sangat nikmat disantap saat musim dingin.

2/ Sup Miso

Sup Miso adalah sajian berkuah khas Jepang. Di dalamnya tahu diolah dengan bumbu dashi bubuk. Bumbu dashi adalah kaldu rebusan rumput lauk. Selain itu, tahu dicampur dengan pasta miso. ENDEUSiast juga bisa menambahkan lauk lain seperti udang, cumi-cumi, rumput laut, atau jamur agar lebih sedap. Sajian ini pas banget disantap dengan nasi.

3/ Agedashi Tofu

Setelah rebus-rebusan, kita beralih ke sajian tahu goreng. Agedashi Tofu adalah hingan berisi tofu yang dibalus tepung tips kemudian digoreng. Tofu kemudian dihidangkan dalam kuah shoyu panas. Terdapat garnish berupa parutan lobak daikon dan daun bawang yang menambah kelezatannya. Makanan ini termasuk makanan klasik Jepang, loh.

4/ Inari Sushi

Ini adalah salah satu sushi yang sederhana dan murah. Sushi ini dibuat dari aburaage (kulit tahu goreng) berbumbu. Aburaage diisi nasi sushi yang sebelumnya sudah direbus dalam kikkoman shoyu. Simpel banget, ya.

5/ Hiyayakko

Sajian yang satu ini sangat unik sebab dibuat dari tahu yang dingin. Hiyayakko diberi toping berupa daun bawang yang dipotong kecil-kecil, katsuobushi, shoyu, dan parutan jahe. Selain itu, Hiyayakko juga bisa diberi topping daun perilla, kulit yuzu, lobak daikon, irisan okra, pasta pulm, atau mustard. Masakan ini membuat segar, lho.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.