Berbagai Macam Makanan Untuk Perayaan
Berbagai Macam Makanan Untuk Perayaan

Dalam setiap perayaan nggak lengkap rasanya kalo nggak ada makanan. Nah berikut ini adalah makanan yang identik dengan perayaan.

Berbagai macam perayaan pasti membutuhkan makanan dan minuman. Seperti kurang lengkap rasanya kalo dalam perayaan nggak ada makanan dan minuman. Di artikel kali ini kita akan membahas berbagai macam makanan yang pas disajikan untuk perayaan.

Biasanya makanan untuk perayaan nggak cuma ada satu macam, melainkan berbagai macam pilihan menu. Alasannya ya apalagi kalo bukan untuk memenuhi semua tamu undangan agar kebagian makanan. Juga biar nggak bosan dengan yang itu-itu aja.

Nah sekarang apa aja sih makanan yang identik dengan perayaan? Mari kita bahas selengkapnya.

1. Nasi tumpeng

Kalo yang satu ini emang udah terkenal banget di tiap perayaan di Indonesia. Nasi kuning yang disusun kerucut dengan berbagai macam lauk di bagian bawahnya. Biasanya dipakai ketika ada selametan dan lain sebagainya.

Nah lauk-lauk tersebut bukan sembarang yang dipilih. Karena memiliki berbagai filosofi yang menyangkut kehidupan manusia. Misalnya seperti ayam utuh yang melambangkan ketenangan hati.

Sedangkan sayurannya yang biasanya adalah kacang panjang melambangkan manusia harus memiliki visi jangka panjang. Kalo urap melambangkan manusia harus mampu untuk menafkahi keluarga. Juga masih banyak filosofi lainnya pada lauk-lauk lain juga.

2. Kue pasar

Siapa sih yang nggak suka sama kue pasar atau jajanan pasar? Kue ini bisa jadi makanan wajib ketika ada perayaan-perayaan tertentu sebagai camilan. Meskipun saat ini kita banyak dihadapkan dengan berbagai kue modern nan kekinian, tapi jajanan pasar nggak pernah punah. Misalnya aja seperti cenil, kue lupis, tiwul, dan lain sebagainya.

Yang ternyata kesemuanya memiliki kesamaan. Yaitu sama-sama ditaburi oleh kelapa parut. Paduan tersebut dinilai nggak pernah salah untuk disajikan bersama dengan kue-kue pasar itu.

Menurut budaya Jawa, di tiap perayaan harus ada berbagai jenis kue yang disajikan. Biasanya berjumlah tujuh jenis sebagai filosofi meminta pertolongan kepada Tuhan. Karena tujuh dalam Bahasa Jawa adalah pitu, jadi difilosofikan menjadi pitulongan atau pertolongan.

3. Pizza

Selain makanan yang berasal dari Indonesia, ada juga makanan dari luar negeri yang sering menjadi makanan untuk perayaan. Seperti misalnya pizza yang berasal dari Italia sering dijadikan makanan khas untuk mentraktir teman ketika sedang ulang tahun atau mendapatkan promosi di kantor.

Pizza menjadi menu favorit ketika perayaan di kantor, salah satu alasannya adalah karena rasanya yang disukai oleh banyak orang, udah gitu cara makannya yang tergolong mudah. Nggak perlu ribet, cuma pakai tangan aja. Kondimennya juga cukup pakai saus tomat atau saus sambal aja.

Ada pizza yang mudah dibuat di rumah. Disebutnya adalah pizza mie. Sesuai namanya, pizza ini terbuat dari mie. Karena bahannya yang mudah ditemukan, makanya jadi pilihan favorit untuk dibuat sendiri. Cara buatnya juga cukup mudah yang bisa kalian lihat di sini .

4. Donat

Selain pizza ada juga donat yang menjadi makanan favorit untuk traktir teman atau keluarga sebagai perayaan. Alasannya sama dengan pizza, nggak perlu ribet makannya. Udah gitu belinya pun bisa sekaligus banyak (hitungan lusin).

Untuk yang lebih suka manis daripada asin, donat menjadi pilihan. Berbagai macam rasa dan bentuk; ada yang bulat dengan bagian tengahnya bolong dan ada bulat tanpa bolong di tengahnya namun ada isi di dalamnya.

Kalo kamu, apa sih makanan yang ada di perayaan favoritmu?

Lion Haloho