Mengemas masakan untuk bekal memang tidak bisa sembarangan. ENDEUSiast sudah tau caranya?

Membawa masakan favorit untuk bekal adalah hal yang umum dilakukan orang ketika akan berlibur. Mengemas masakan untuk piknik tidak bisa dilakukan dengan sembarangan agar bekal yang dibawa bisa tahan lama dan tidak mudah basi. Selain itu, banyak orang yang merasa tidak bisa membawa masakan yang cukup karena keterbatasan tempat. Berikut ini beberapa tips menata masakan untuk bekal yang tepat.

1/ Simpan makanan dingin dan panas dengan benar

Salah satu kunci membawa masakan untuk bekal adalah mengemas makanan dingin dan panas dengan benar. Aturan umumnya adalah membawa makanan dingin harus dibawah 4 derajat Celcius sedangkan untuk makanan panas harus diatas 60 derajat Celcius. Meletakkan beberapa es batu disekitar kotak makan akan membantu menjaga suhu makanan tetap dingin. Sementara untuk makanan panas harus disimpan dalam kotak termal yang terisolasi.

Buah potong, salad, serta dressing dan saus juga harus disimpan dalam keadaan dingin. Dengan mengemas makanan sesuai dengan aturannya akan membuat masakan untuk bekal lebih tahan lama.

2/ Bijak menata barang

Salah satu kunci ketahanan masakan untuk bekal adalah penataan. Pilih tas yang cukup besar agar bisa membawa banyak makanan. Sediakan dua tas untuk membawa dua jenis makanan yaitu makanan panas dan dingin. Pisahkan makanan panas dan dingin serta snack dalam tas tersendiri. Selain itu, ENDEUSiast bisa membawa peralatan makan sekali pakai sehingga tidak perlu repot membawa peralatan makan yang kotor.

3/ Pilih masakan yang pas

Masakan apa saja bisa dibawa untuk bekal piknik. Namun sebaiknya pilih makann yang tidak terlalu pedas sehingga semua anggota keluarga atau teman bisa mencicipi. Selain itu, makanan yang terlalu pedas bisa membuat liburan ENDEUSiast kurang menyenangkan karena rentan mengalami sakit perut. Selain itu, hindari membawa makanan berkuah karena resiko tumpah. Kalaupun harus membawa makanan berkuah, ENDEUSiast bisa mengemasnya dalam wadah tremos dengan tutup yang rapat.

4/ Bawa salad, buah, dan sayur dalam keadaan dingin

Salad, buah potong, dan sayur lebih nikmat bila dibawa dalam keadaan dingin. ENDEUSiast bisa memasukkan makanan tersebut dalam kulkas selama beberapa jam sebelum berangkat. Selain makanan, ENDEUSiast juga bisa membawa minumam dengan cara yang sama sehingga ketika diperjalanan tetap dingin. Bila perlu simpan makanan dan minuman dalam cooling box agar suhu dinginnya tetap terjaga.

5/ Jangan buka masakan terlalu lama

Agar masakan bekal tetap nikmat, usahkan untuk segera menghabiskan makanan yang sudah dibuka. Jangan biarkan makanan terbuka dalam waktu yang lama. Selain itu, membuka dan menutup makanan juga bisa menyebabkan rasa bekal menjadi berkurang.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.