Ikan adalah salah satu sumber protein yang baik. Namun beberapa orang tidak menyukai ikan karena bau amis. Bagaimana tipsnya?

Ikan air tawar mengandung banyak nutrisi dan menjadi sumber protein dengan harga terjangkau. Tekstur daging yang lembut dan gurih bisa diolah dengan berbagai cara.

Namun, beberapa orang tidak menyukai ikan air tawar karena aroma amis dan anyir yang menyengat. Aroma ini membuat ikan tidak sedap dan kurang nikmat. Berikut ini beberapa cara mengolah air tawar agar tidak amins.

1/ Buang Insang

Bagian insang ikan adalah salah satu faktor penyebab bau amis pada ikan. Hal ini karena insang berperan sebagai penyaring air dan memilah kotoran. Sehingga insang yang tidak dibuat menyebabkan bau amis pada ikan. Meskipun ikan tidak segera diolah, namun insang dan jeroan ikan harus dibersihkan terlebih dahulu agar tidak menyebabkan bau pada ikan.

2/ Buang Empedu

Selain insang, jeroan ikan termasuk empedu juga harus dibersihkan agar tidak mempengaruhi rasa dan aroma ikan. Ketika membersihkan empedu ikan, lakukan dengan hati-hati agar tidak pecah karena bisa menyebabkan daging ikan menjadi pahit.

Bersihkan jeroan ikan dengan perlahan dan bersihkan juga bagian dalam dinding perut ikan. Agar lebih mudah mengiris perut ikan, gunakan pisau yang tajam karena badan ikan yang licin.

3/ Potong di Punggung

Sebagian besar orang mem-fillet ikan mulai dari arah belakang kepala ikan menuju ke ekor. Ternyata cara ini kurang tepat karena bentuk ikan menjadi kurang cantik. Agar ikan tetap berbentuk bagus, potong ikan dari arah punggung ke bagian depan.

Cara ini juga memudahkan ENDEUSiast untuk membuang duri dan tulang kecil pada ikan. Dengan teknik pemotongan seperti ini, ikan akan mekar dengan cantik ketika digoreng seperti ketikan mengolah ikan terbang .

4/ Rendam di Air Sagu

Menghilangkan bau amis pada ikan bisa menggunakan banyak bahan misalnya cuka, lemon, ataupun jeruk nipis. Bila tiga bahan tersebut tidak tersedia, ENDEUSiast bisa menggunakan air sagu untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Cukup larutkan 2 sendok makan tepung sagu dengan air hangat dan gunakan untuk merendam ikan selama 5-10 menit. Setelah itu, cuci kembali dengan air mengalir dan masak ikan sesuai selera.

5/ Goreng dengan Minyak Panas

Menggoreng ikan memang terdengar sangat mudah. Namun bila tidak diperhatikan, teknik menggoreng yang salah bisa menyebabkan ikan menyerap banyak minyak. Goreng ikan pada minyak panas dengan suhu 75 derajat agar ikan bisa matang sempurna.

Menggoreng ikan dengan minyak yang belum panas bisa menyebabkan proses pematangan ikan lebih lama karena air dari ikan keluar.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.