Meskipun populer, banyak orang yang kesusahan saat makan kepiting karena cangkangnya yang sulit pecah. Adakah tips untuk memakan kepiting yang benar?

Masakan kepiting adalah salah satu menu seafood yang harganya lebih mahal dari menu-menu lain. Sebagian orang sudah tahu cara menikmati kepiting dengan benar, tapi masih ada yang belum paham cara menikmatinya.

Beberapa bahkan sampai menghindari masakan kepiting karena malas dengan cara makannya yang ribet, atau malu karena tidak tahu cara makannya.

Nah, berikut ini adalah tips untuk makan masakan kepiting :

1/ Mencegah Meja Berantakan

Siapkan berbagai alat untuk menjaga supaya meja ENDEUSiast tetap rapi. ENDEUSiast perlu menyiapkan kertas, koran, atau tisu yang banyak sebagai alas supaya kepiting tidak jatuh mengotori meja. Siapkan juga pisau pengupas, palu, mangkok dan talenan untuk tatakan. ENDEUSiast akan menggunakan alat-alat ini untuk membuka cangkang kepiting nanti

2/ Membuka Cangkang

Letakkan kepiting dengan posisi perut kepiting berada di bagian atas, lalu gunakan pisau dengan mengikuti baris di tengah dari atas ke bawah. Tusukkan dan masukkan pisau di antara cangkang, tekan ke arah atas untuk membuang isian kepiting.

3/ Buang Isian Kepiting

Hilangkanlah insang atau isian kepiting yang tidak dapat dikonsumsi dengan pisau atau sendok atau tanganmu. Bagian kepiting yang berwarna cokelat dan kotoran yang berwarna seperti mustard ini harus dibuang karena organ ini adalah hepatopankreas yang menyaring racun. Memang sebenarnya organ ini tidak masalah untuk dikonsumsi, tetapi supaya tidak merusak cita rasa masakan, sebaiknya dibuang saja.

4/ Belah Kepiting Menjadi Dua

Belahlah tubuh kepiting menjadi dua dengan menggunakan tangan. ENDEUSiast bisa juga menggunakan pisau untuk mendapatkan daging kepiting. Selain terletak di bagian cangkang, daging kepiting juga tersimpan di tengah. Jangan sampai melewatkan daging bagian ini.

5/ Hisap Bagian Kaki Kepiting

Biasanya, kaki kepiting juga menyimpan sedikit daging. Copotlah kaki-kakinya dengan cara diputar lalu hisaplah bagian dalamnya. ENDEUSiast akan mendapatkan daging di dalam kaki kepiting.

6/ Pukul dengan Palu

Bagian istimewa pada kepiting, yang kerap disebut sebagai “harta karun kepiting” yaitu capit kepiting, sebaiknya ENDEUSiast pukul dengan palu. Letakkan capit kepiting lalu hancurkan dengan palu. Setelah hancur, ENDEUSiast bisa mengambil daging kepiting yang paling ENDEUSiast nantikan di dalam capit itu. Daging di bagian capit memiliki rasa manis yang khas dan sangat lezat.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.