Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Menyebut Masakan Italia, biasanya kita langsung terpikirkan spaghetti ataupun pizza. Padahal masih banyak masakan Italia lainnya yang tak kalah lezat!

Masakan Italia adalah salah satu masakan yang paling populer di dunia. Hampir di setiap negara pasti ada restoran yang menjual masakan Italia. Salah satu masakan Italia yang paling terkenal dan mudah ditemukan dimana-mana adalah pizza dan spaghetti . Sebenarnya ada banyak masakan Italia yang populer selain dua masakan tersebut. Berikut ini beberapa masakan Italia yang bisa ENDEUSiast coba di restoran-restoran Italia.

1/ Bruschetta

Salah satu makanan pembuka atau appetizer yang populer di Italia adalah bruschetta . Masakan yang satu ini terbuat dari roti yang sudah sebelumnya sudah dioles dengan bawang putih, minyak zaitun, garam, dan lada, lalu dipanggang hingga agak kering. Bruschetta ini kemudian disajikan dengan potongan tomat cheery, keju, dan juga sayuran. Ukuran bruschetta yang kecil membuat makanan ini bisa disantap dalam sekali suapan.

2/ Risotto

Risotto adalah salah satu makanan Italia yang menggunakan nasi sebagai bahan dasarnya. Masakan yang satu ini berasal dari Piedmont yang mempunyai banyak lahan padi. Risotto ini adalah salah satu makanan Italia yang mirip dengan bubur.

Nasi untuk risotto ini dimasak dengan bawang putih dan anggur serta bahan-bahan lain seperti sayuran dan daging. Selain itu ada beberapa versi risotto yang dicampur dengan cream atau susu agar teksturnya lebih creamy.

3/ Lasagna

Makanan Italia yang populer lainnya adalah Lasagna. Makanan satu ini masih termasuk dalam keluarga pasta. Lasagna dibuat dengan menggunakan pasta lembaran yang diselingi dengan berbagai macam isian seperti daging cincang, saus tomat, hingga saus khusus saus keju disetiap layernya secara berselang-seling.

Kemudian Lasagna disiram dengan saus yang terbuat dari saus pasta, oregano, daging cincang, dan keju mozzarella sebagai toping. Masakan ini kemudian dipanggan hingga matang.

4/ Tortellini

Ada banyak olahan pasta yang ada pada masakan Italia. Selain lasagna, olahan pasta yang juga terkenal adalah tortellini. Kalau dilihat sekilas, bentuk tortellini ini mirip dengan pangsit atau mandu yang ada di Korea, yaitu berbentuk bulat dengan lubang kecil ditengahnya.

Tortelini ini biasanya diisi dengan daging cincang dan keju. Masakan yang satu ini bisa disantap dengan kuah kaldu atau dimakan begitu saja. Tortelini yang beku bisa dipanaskan dalam microwave terlebih dahulu sebelum dihidangkan.

5/ Panini

Panini adalah salah satu sajian roti yang mirip dengan sandwich. Masakan yang satu ini terbuat dari roti sepertu rosetta, ciabata, atau baguette. Roti kemudian dipotong horizontal dan diberi berbagai macam isian seperti ham, keju, daging asap, sayuran, dan sebagainya.

Salah satu variasi Panini yang paling populer adalah Panini dari Italia Tengah dengan isian daging panggang atau porchetta dengan rempah khas Italia.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.