Bawang
Bawang

Mengenal Ragam Jenis Bawang. Foto: Shuttertock.com

Bawang merupakan bumbu utama yang kerap digunakan dalam setiap masakkan. Kenali beragam jenisnya dan cara menggunakannya.

Kehadiran bawang hampir selalu ada di setiap masakan. Baik itu sebagai bahan masakan yang diolah secara langsung, maupun dijadikan bumbu lebih dahulu. Berbagai masakan Indonesia juga menggunakan bumbu dapur ini untuk menghasilkan cita rasa Nusantara yang khas dari masing-masing daerah.

Jenis-Jenis Bawang

Di berbagai jenis masakan sering dijumpai penggunaan bawang sebagai bahan campurannya. Tidak hanya satu jenis bawang saja yang digunakan, melainkan ada banyak sekali. Berbagai jenis bawang yang digunakan mempunyai kegunaan yang berbeda-beda.

1/ Bawang Merah

Shallot atau yang kita sebut dengan bawang merah ini merupakan tanaman yang sering dijadikan bumbu dapur untuk berbagai jenis masakan di dunia. Bawang merah ini tumbuh di tempat yang mempunyai suhu dingin seperti di pegunungan. Sedangkan asalnya sendiri dari India dan juga Pakistan. Namun, lama kelamaan mulai dibudidayakan di tempat subtropis dan juga tropis di berbagai daerah.

Karakteristik

Bentuk dan dan ukurannya berbeda-beda, tergantung dimana tempatnya tumbuh. Di daerah Barat, ukuran bawang merah ini cenderung lebih kecil dan ramping. Bagian kulitnya pun tipis dengan warna merah muda. Sedangkan dagingnya berwarna keunguan.

Bawang merah yang diproduksi di Asia bentuknya lebih kecil, daripada bawang merah yang ada di Barat. Ukurannya dibilang sangat kecil hanya seukuran jari kelingking atau seujung jempol. Sedangkan warna dagingnya pun lebih gelap, yaitu ungu pekat.

Rasa yang dimilikinya cenderung lebih ringan jika dibandingkan dengan red onion. Tetapi disisi lain, rasanya lebih kuat jika dibandingkan dengan bawang bombai, bahkan rasanya malah sedikit mirip dengan bawang putih.

Kegunaan

Biasanya umbi-umbian berupa bawang merah ini sering dijadikan bahan pelengkap untuk bumbu masakan, atau dimakan secara mentah sebagai acar. Selain itu juga digunakan untuk obat herbal yang dicampur dengan bahan ramuan lainnya.

Manfaatnya sendiri tak lain untuk mengatasi masuk angin, maag, memperlancar pernafasan, dan lain sebagainya. Sedangkan di bagian kulitnya sendiri sering dimanfaatkan untuk zat pewarna, sedangkan daunnya sendiri sering digunakan untuk bahan campuran masakan, terutama sayuran.

Jenis bawang ini merupakan juga kerap digunakan di berbagai belahan dunia. Khususnya untuk pembuatan saus yang sangat terkenal di Prancis, yaitu mignotte. Bahkan, di Indonesia sendiri penggunaan bawang merah ini tidak dapat terlepas dari kehidupan sehari-hari.

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, biasanya bawang merah juga sering dibuat menjadi bawang goreng untuk taburan berbagai jenis hidangan. Khususnya menu makanan yang berkuah seperti soto, gulai, bakso, dan lain sebagainya.

2/ Bawang Putih

Jika diibaratkan pepatah, di mana ada bawang merah, pasti di situ ada bawang putih. Salah satu kelebihan yang dimiliki bawang putih yaitu, ketika mengupas bawang putih sangat mudah, karena tidak mempunyai lapisan yang banyak seperti bawang merah.

Karakteristik

Ciri khusus yang dimiliki bawang putih ini tak lain adalah berwarna putih dan bentuknya menggelembung. Namun, ketika dikupas akan terdiri dari beberapa siung bawang tunggal. Rasa yang dimilikinya lebih kuat ketika mentah, sedangkan jika sudah dimasak akan terasa sangat gurih.

Jenis-Jenis Bawang Putih

Mungkin selama ini kebanyakan dari kita tidak memperhatikan jenis-jenis bawang putih untuk memasak, karena terlihat sama saja jika dilihat dari luar, yaitu sama-sama putih. Padahal, ternyata banyak sekali berbagai jenis bawang putih yang ada di pasar, berikut diantaranya.

a/ Bawang Putih Lanang/Tunggal

Keunikan dari bawang putih lanang ini yaitu hanya mempunyai satu siung, sehingga kerap disebut juga dengan bawang putih tunggal. Bahkan, dalam kesehariannya sendiri bawang jenis ini lebih sering digunakan untuk membuat obat herbal dibandingkan untuk bumbu masakan. Sebab, rasanya yang cenderung tajam dan aromanya yang menyengat.

b/ Bawang Putih Lokal

Meskipun warnanya agak kusam, tetapi cita rasa yang dimiliki bawang putih lokal ini cukup tajam. Tapi sayangnya bawang putih lokal ini cukup sulit ditemukan di pasar, karena produksinya terbatas.

Kegunaan

Biasanya bawang putih digunakan untuk bumbu masak yang berupa tumis sayuran, sup, atau sebagai obat tradisional. Sedangkan cara memotongnya sendiri bisa dicincang, dimemarkan, maupun dihaluskan untuk menghasilkan aroma yang kuat pada masakan.

3/ Bawang Bombai

Sesuai dengan namanya, bawang ini dibawa oleh orang dari kota bombay, atau sekarang lebih sering disebut Mumbai (India). Biasanya bawang bombay ini tumbuh subur di daerah pegunungan dengan suhu sekitar 18⁰C.

Karakteristik

Bentuk bawang bombai menyerupai bola golf, demikian juga dengan ukurannya, sehingga jauh lebih besar dibandingkan jenis bawang yang lainnya. Warna dagingnya pun unik, di bagian dalamnya atau dagingnya berwarna kuning muda dan keemasan dilapisi dengan kulit yang sangat tipis.

Sedangkan rasa yang dimiliki mempunyai ciri khas tersendiri. Ketika mentah, rasanya sangat kuat dan aroma yang dikeluarkan pun demikian. Begitu pula saat dimasak, rasa yang dihasilkan gurih dan manis. Sehingga sangat cocok untuk berbagai masakan. Baik itu untuk makanan yang disemur, ditumis, digoreng, maupun direbus.

Jenis-Jenis Bawang Bombai

a/ Bawang Bombai Putih

Rasa yang dimiliki bawang bombai putih lebih manis atau sering disebut juga dengan sweet onion. Sehingga sangat cocok jika digunakan untuk campuran sandwich, salad, maupun saus salsa. Bentuknya sendiri hampir menyerupai bawang bombai kuning, namun warna kulitnya cenderung coklat muda dengan warna yang lebih kuat.

b/ Bawang Bombai Merah

Sesuai dengan warnanya, rasa dari bawang bombai merah ini lebih kuat, tetapi akan menjadi manis ketika dimasak. Kulit warnanya sendiri merah keunguan seragam dengan warna umbinya. Biasanya bawang ini kerap digunakan untuk sajian mentah sebagai topping sandwich, burger, pizza, maupun salad.

Kegunaan

Cara pengolahannya terdiri dari berbagai macam teknik pengirisan untuk setiap jenis makanan, berbeda dengan jenis bawang lainnya yang diolah dengan cara yang hampir sama. Perbedaan dalam pengirisan bawang bombai bertujuan untuk memanfaatkan cita rasanya secara maksimal. Biasanya bawang bombai kerap digunakan untuk campuran kaldu, saus, sandwich, maupun salad.

4/ Bawang Dayak

Bawang sabrang atau bawang dayak adalah salah satu spesies bawang yang berasal dari Amerika . Tanaman ini banyak tumbuh di daerah pegunungan dengan tinggi antara 600–1500 mdpl. Bagian tumbuhan yang ditanam adalah umbinya. Bawang dayak tumbuh liar di hutan, dengan bunga berkelopak lima berwarna putih dan hanya tumbuh saat gelap. Umbi bawang ini banyak digunakan untuk obat. Biasanya digunakan untuk mengobati kanker, jantung, anti radang, anti pendarahan serta untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Bawang dayak memiliki daun panjang dan beralur mirip dengan anggrek tanah . Umbi berbentuk bulat telur, berwarna merah serta tidak berbau.

Keluarga bawang

Spring onion atau scallion , yang merupakan nama lain dari bawang daun ini masih termasuk ke dalam keluarga Liliaceae . Di mana ciri khusus keluarga ini sangat mudah dikenali hanya dari bentuknya, yaitu mirip dengan rumput serta batangnya yang pendek dengan akar serabut. Agar lebih jelas, berikut ini merupakan keluarga bawang daun yang masih berstatus Liliaceae.

1/ Daun Bawang

Bentuk daun bawang ini paling mencolok jika dibandingkan anggota keluarga Liliaceae yang lainnya, yaitu batang dan daunnya memiliki diameter yang lebih besar serta bentuknya menyerupai silinder. Rasanya ringan, tetapi aromanya cukup kuat. Sering digunakan untuk campuran soto, sup, telur dadar, maupun martabak telur.

2/ Daun Bawang Cung

Hampir mirip dengan kucai, namun daun bawang cung lebih gepeng, diameternya lebih besar dan tidak mempunyai umbi yang berbentuk seperti rumput. Meskipun begitu, daun ini sangat populer di Jawa Timur dan digunakan sebagai taburan rawon, seafood, tumisan, dan juga olahan daging.

3/ Kucai

Karakteristik khusus dari kucai yaitu pada bagian bawahnya berwarna kehijauan sedangkan di bagian atas daunnya benar-benar hijau segar. Tapi kebanyakan daun kucai yang dijual adalah bagian daunnya saja dengan ukuran yang lebih pipih dibandingkan kerabat yang lainnya.

Biasanya masakan khas Asia kerap menggunakan kucai ini di antaranya yaitu bubur, gyoza, dan pangsit. Di Indonesia sendiri, kucai sering digunakan untuk bahan tambahan pembuatan lumpia goreng, taoge goreng, dan juga nasi lengko.

4/ Lokio

Ukuran batang lokio ini panjang tipis dengan warna hijau muda dan kemerahan. Bagian bonggolnya sendiri berbentuk lonjong dengan warna putih. Jika dilihat sekilas, bonggolnya ini hampir menyerupai bawang putih yang sudah dikupas bersih, namun ukurannya lebih kecil. Bawang batak, alias lokio ini pun lebih sering digunakan untuk hidangan khas suku Batak, Sumatera Utara. Bahkan, tak jarang juga digunakan untuk campuran asinan, acar, dan juga pelengkap tumisan di berbagai masakan.

5/ Daun Bawang Prei

Bentuk daunnya cenderung datar, lebar, lurus, padat, dan kokoh dengan diameter sekitar 1-3 cm. Aromanya yang segar dan teksturnya yang lembut sangat cocok untuk disajikan bersama daging atau ikan. Bahkan, dapat menjadi bumbu sup, dan teman hidangan ayam panggang maupun salad.

6/ Bunga Bawang

Bagian batangnya sendiri berwarna hijau dan panjang, tetapi cenderung lunak serta berongga. Sedangkan warna bunganya yaitu putih disertai dengan kuncup dengan bentuk yang cantik, sehingga tak heran jika sering dijadikan sebagai hiasan masakan maupun garnish. Biasanya menu makanan tersebut adalah tumisan daging dan juga seafood.

Cara Menyimpan Bawang

Kebanyakan orang sering menyamakan cara menyimpan bawang yang masih utuh dan juga yang sudah dikupas. Padahal, hal itu yang dapat membuat bawang tidak awet. Apabila membeli bawang utuh, maka jangan disimpan di kulkas. Cukup letakkan di keranjang yang terbuka di suhu ruang yang sejuk. Dengan begitu bawang akan bertahan selama 2 bulan ke depan.

Namun, jika sudah membeli bawang yang dikupas, maka segera simpan di kulkas. Caranya cukup gunakan wadah yang terbuat dari kaca dan tertutup rapat. Selain itu jangan gunakan yang berbahan plastik, karena udaranya mudah masuk.

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis bawang yang sering digunakan untuk memasak. Dengan begitu, dapat lebih paham dalam penggunaannya. Selamat mencoba!

Endeustorial

Ikuti Instagram