Download Aplikasi Endeus

Inspirasi masak tiap hari

Berpuasa dengan sehat dan benar ternyata merupakan upaya pencegahan dalam timbulnya berbagai jenis penyakit.

Mencegah jauh lebih baik dari mengobati, siapa yang setuju? Berpuasa dengan sehat dan benar ternyata merupakan upaya pencegahan dalam timbulnya berbagai jenis penyakit! Dilansir dari everydayhealth.com, puasa yang benar adalah yang melakukan aktivitas berikut:

Lakukan konsultasi dengan dokter sebelum berpuasa

Jangan khawatir, tips ini tidak diwajibkan untuk semua orang, tetapi hanya orang tertentu yang menderita masalah kesehatan seperti diabetes, hipertensi, hipotensi, hingga ibu hamil. Orang-orang yang perlu dilakukan pengawasan dari segi nutrisi hariannya tentu harus melakukan konsultasi dulu dengan dokter. Terlebih mereka yang masih diwajibkan untuk konsumsi obat-obatan.

Contohnya, ibu hamil diwajibkan untuk konsultasi terlebih dulu sebelum melakukan puasa. Pasalnya, janin membutuhkan nutrisi cukup untuk tumbuh kembang yang tidak hanya didapatkan melalui dua porsi makanan. Maka biasanya, dokter akan memberikan vitamin tambahan untuk ibu hamil, agar janinnya tetap mendapat kecukupan nutrisi selama sang Ibu berpuasa.

Perhatikan kondisi tubuh saat berpuasa

Sebaiknya perhatikan pula kondisi tubuhmu saat berpuasa, apakah memiliki masalah pada lambung atau merasa pusing dan lemah, atau justru tetap fit? Hal ini berkaitan dengan makanan maupun minuman yang akan Kamu konsumsi saat sahur dan buka puasa. Jadi, pastikan jika Kamu mengetahui kondisi kesehatan tubuhmu.

Lakukan beberapa kegiatan untuk tetap fit saat berpuasa , seperti jika Kamu memiliki masalah dengan lambung, atau menderita maag, sebaiknya konsumsi makanan yang tidak mengandung gas dan kafein saat sahur maupun buka puasa. Setelah itu, jangan lupa untuk konsumsi obat maag agar makanan yang akan Kamu santap saat buka puasa tidak melukai lambung yang kosong.

Jangan lupa aktivitas rutin harus tetap berjalan

Meskipun puasa, tetapi Kamu tetap harus melakukan aktivitas rutin, seperti sekolah dan bekerja dengan semangat. Bagaimana caranya semangat jika tubuh tidak menghasilkan energi sesuai dengan yang dibutuhkan? Tentu ini adalah tantangannya. Kamu dapat memaksimalkan nutrisi saat makan, terutama saat sahur.

Untuk itu, pilihlah jenis makanan yang tidak membuatmu cepat mengantuk dan lelah, seperti yang terdapat dalam buah dan sayuran. Hal ini juga direkomendasikan oleh Dr. Jovita Amelia, M.Sc., Sp.GK, yang merupakan seorang dokter spesialis gizi. Ditemui dalam sebuah acara belum lama ini, ia mengatakan jika sebaiknya orang yang berpuasa tidak mengonsumsi karbohidrat dan makanan yang digoreng saat sahur maupun buka. Pasalnya, karbohidrat dan lemak jenuh sangat berpengaruh pada produksi energi tubuh, sehingga tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu, Dr. Jovita memberitahu cara terbaik untuk mencegah kantuk saat puasa adalah dengan tetap melakukan aktivitas rutin dengan semangat, sebab jika tidak ada semangat dan mengikuti keinginan untuk bermalas-malasan, yang ada justru tubuhmu akan lemas dan mengantuk sepanjang hari.

Jangan sampai dehidrasi

Ini adalah poin penting yang harus diperhatikan saat puasa. Pasalnya, tubuh akan kekurangan cairan hampir 50% dari kebutuhan hariannya. Untuk itu, Dr. Jovita menegaskan jika kebutuhan cairan harian tetap dapat dipenuhi meskipun puasa, yaitu melalui banyak minum air putih dengan rumus 2-4-2. 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas lainnya saat ingin tidur. Namun, ingat ya! Rumus ini digunakan untuk air putih, dan tidak berlaku untuk minuman jenis lainnya, seperti teh, kopi, jus, susu, dll.

Atur pola makan setelah buka puasa

Biasanya, saat berbuka puasa Kamu cenderung untuk konsumsi semua jenis makanan tanpa peduli lagi dengan nutrisi dan gizinya. Intinya, tidak mudah lagi untuk menahan emosi dan hawa nafsu akan makanan saat berbuka. Namun, tahukah Kamu justru saat inilah kondisi kesehatanmu dipertaruhkan. Tanpa Kamu sadari, dengan banyak mengonsumsi lemak jenuhdi dalam tubuhmu terjadi perubahan yang signifikan. Inilah cikal bakal berbagai penyakit yang biasanya timbul akibat dari menjalankan puasa yang tidak sehat.

*artikel ini merupakan kerjasama Endeus.TV dan GueSehat.com. Klik link untuk menuju artikel asli

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.