Sate yang lezat dipengaruhi oleh daging yang bertekstur empuk dan juicy. Mau tahu caranya? Ikuti tips dan Trick dari Endeus.tv, ya.

Kelezatan sajian sate bisa diukur dari bumbu yang digunakan dan saus sebagai dressingnya. Bumbu dan dressing ini harus dierhatikan agar sate memiliki cita rasa yang nikmat sempurna. Selain itu, cara mengolah daging sate juga perlu diperhatikan. Hal ini penting agar daging terbakar sempurna dan memiliki tekstur yang empuk juga juicy.

Ada beberapa tips dan trick agar dapat membuat daging sate yang sempurna. Cara ini tidak sulit sehingga ENDEUSIast pasti bisa mengikutinya. Yuk, kita simak bersama.

1/ Tips memilih daging

Agar memiliki tekstur yang empuk, ambilah daging sapi atau kambing yang masih berusia muda. Semakin tua umur seekor hewan, dagingnya akan semakin alot. Selain itu, pilih daging yang kandungan lemak dan uratnya sedikit. Dengan daging yang bebas lemak dan urat, sate akan lebih cepat empuk.

2/ Tips memotong daging

Potonglah daging dengan ukuran yang sama. Hal ini penting agar daging dapat matang secara seragam. Walaupun sederhana, lamgkah ini sering diabaikan. ENDEUSiast juga perlu memperhatikan untuk tidak memotong daging terlalu tebal karena terkadang saat dibakar, daging yang telalu tebal belum matang hingga ke dalam.

3/ Memanfaatkan bantuan daun papaya

Daun papaya dapat membantu membuat daging lebih empuk. Caranya sangat sederhana. Setelah daging sapi atau ayam dipotong, tutuplan dengan daun papaya beberapa saat. Getah daun papayalah yang membuat daging sate empuk.

4/ Tips menghilangkan bau daging dengan bumbu rendaman

Bumbu rendaman sate dapat menghilangkan bau daging. Gunakan parutan buah nanas dan bawang merah agar daging lebih juicy. Kamu juga bisa menggunakan perasan jeruk nipis agar daging lebih empuk dan beraroma sedap.

5/ Tips cara menusuk daging

Pilih tusuk sate beruba bamboo atau besi. Jika ENDEUSiast menggunakan bambu, rendamlah bambu dalam air untuk sementara waktu agar kotoran yang ada di bambu larut. Selain itu, perendaman juga berguna agar bambu menjadi lembab sehingga tidak mudah patah saat dipanggang, Tusuklah daging secara melintang dengan serta, Agar lebih gurih, coba tambahkan lemak di antara daging dalam satu tusuk sate.

6/ Tips memberi bumbu

Kamu bisa membuat bumbu yang terbuat dari bawang putih dan bawang merah, merica, ketumbar, garam, dan sedikit gula merah. Tambahkan pula kacang tanah yang sudah dihandurkan, kecap, dan air kaldu. Rendamlah selama kurang lebih satu jam sebelum dibakar. agar bumbu meresap. Kamu juga bisa menggunakan bumbu dari kelapa. Simak resepnya di sini .

7/ Tips agar sate tidak lengket di alat pemanggang

Olesi alat pemanggang dengan mentega atau margarin. Hal ini berfungsi agar sate tidak lengket di alat pemanggang dan lebih cepat matang merata.

8/ Tips membakar sate

Sebelum dibakar, ada baiknya, kamu mengoles sate lagi dengan bumbu ini agar rasanya lebih pekat. Gunakan bara api dari arang batok kelapa. Bakarlah selama 3 hingga 5 menit. Sesekali, bolak-baliklah sate agar matang merata.

Nah itu tadi tips dan trick dari Endeus.tv. Jangan lupa dipraktikkan, ya! Selamat mencoba.

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.