Agar Kue Donat Mengembang Sempurna
Agar Kue Donat Mengembang Sempurna

Jika ENDEUSiast mengikuti tahapannya dengan tepat pasti menghasilkan donat yang mengembang sempurna.

Membuat kue donat sebenarnya hal yang mudah. Jika ENDEUSiast mengikuti tahapannya dengan tepat pasti menghasilkan donat yang mengembang sempurna.

Donat menjadi salah satu kue yang proses pembuatannya cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak bahan. Tetapi, terkadang orang lebih memilih membelinya daripada harus membuat sendiri. Alasannya adalah lebih praktis dan beberapa ada yang mengalami kegagalan pada saat membuat donat. Ada yang donatnya tidak mengembang dengan sempurna atau bahkan matangnya tidak merata.

Bagi ENDEUSiast yang masih merasa gagal dalam membuat kue donat, lebih baik baca dulu tips di bawah ini agar donat buatanmu bisa mengembang sempurna dan memiliki tekstur yang lembut. Mari kita simak!

1/ Gunakan Ragi Baru

Bila ENDEUSiast menginginkan donat mengembang sempurna, maka gunakanlah ragi yang baru. Ragi yang masih baru mengandung mikroorganisme yang masih aktif, sehingga proses pengembangan adonan dapat lebih cepat dan adonan mengembang dengan sempurna.

Tetapi, ada yang perlu diperhatikan sebelum mencampurkan ragi ke dalam adonan donat. Terlebih dahulu berikan air hangat ke dalam satu wadah lalu masukkan ragi dan campurkan dengan bahan adonan donat lainnya. Aduk adonan hingga benar-benar kalis dan sudah terasa tidak lengket di tangan.

Sebelum digoreng, donat harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu, agar adonan mengembang sempurna. Diamkan adonan donat dalam suhu ruang. Tutup bagian atas adonan agar tidak terkena debu atau kotoran dan tidak kering, lalu diamkan selama kurang lebih 1 jam. Donat akan mengembang 2 kali lipat dari bentuk semula.

2/ Gunakan Minyak Baru

Pada proses penggorengan donat, gunakanlah minyak yang masih baru. Jangan karena ingin irit lalu menggunakan minyak bekas, karena justru akan membuat aroma dan tampilan donat menjadi aneh dan berbau tidak sedap. Untuk membuat donat dapat mengembang dengan baik, pastikan bahwa pada saat proses penggorengan donat benar-benar terendam oleh minyak, agar matangnya bisa merata hingga ke bagian dalamnya.

Jangan menggunakan minyak yang terlalu panas, karena dapat berpengaruh terhadap tingkat kematangan donat. Jika minyak terlalu panas justru dapat membuat donat cepat gosong dan tidak matang merata.

3/ Masukkan Donat Secara Bertahap

Pada saat menggoreng, jangan masukkan semua donat yang ada. Lebih baik masukkan sedikit saja agar donat-donatnya terendam minyak dan matang menyeluruh. Jika isi penggorengan penuh dengan donat, maka suhu pada minyak menjadi tidak stabil dan hal ini akan berpengaruh pada tingkat kematangan donat.

4/ Hindari Membolak-balik Donat

Usahakan untuk tidak terlalu sering membolak-balik donat. Biarkan satu sisi donat matang terlebih dahulu hingga berwarna kecokelatan baru dibalik ke sisi lainnya. Setelah kedua sisi donat berwarna kecokelatan dan terdapat garis putih tipis diantaranya, maka donat dapat diangkat dan ditiriskan.

ENDEUSiast bisa melihat resep membuat donat mini dengan isian selai di sini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba, ya.

Endeustorial

Ikuti Instagram