9 Trik Agar Anak Mengkonsumsi Sayuran
9 Trik Agar Anak Mengkonsumsi Sayuran

Makan sayur kadang menjadi pertarungan melelahkan antara orang tua dan anak. Untuk merayu anak makan sayur perlu trik yang jitu!

Sayuran dianggap menjijikkan dan memiliki bau serta rasa yang aneh oleh anak-anak, hingga kadang mereka sulit disuapi sayur. Jika sudah seperti ini, orang tua pada akhirnya membiarkan anaknya makan yang itu-itu lagi seperti mie, sosis atau ayam goreng. Oleh karena itu, untuk membantu mengubah anak menjadi pecinta sayur tanpa harus memaksa keras mereka, ENDEUSiast perlu trik ampuh. Berikut ini ada trik dari pakar nutrisi agar anak mau makan sayur.

1/ Beri Mentega

Ada penjelasan ilmiah mengapa anak-anak membenci brokoli dan kale. Makanan ini mengandung rasa pahit, dan anak-anak jauh lebih sensitif terhadap rasa pahit dibanding orang dewasa. Jadi, untuk menutupi rasa pahit tersebut, ENDEUSiast bisa menambahkan mentega. Coba tambahkan mentega pada sayuran seperti kacang polong atau brokoli untuk mengurangi rasa pahitnya.

2/ Sajikan Sayur Duluan

ENDEUSiast bisa langsung menyajikan menu sayur ketika mereka pulang sekolah sebelum makan makanan lain. Anak akan merasa ini menyebalkan tapi percayalah, mau tidak mau mereka akan memakan sayur tersebut, karena mereka sedang dalam posisi lapar. Setelahnya, baru beri makanan lain seperti daging atau sosis.

3/ Ajak Anak Lain Makan di Rumahmu

Anak biasanya memiliki sistem meniru sekitarnya, salah satunya adalah teman. ENDEUSiast bisa mengajak sepupu atau teman si anak untuk makan sayur di rumahmu. Biasanya jika satu orang sudah makan sayur, dengan sendirinya anak lain akan mengikuti.

4/ Tonton Video tentang Sayuran

Menonton tontonan DVD tentang makan sayur akan sangat ampuh agar anak mau makan bahan tersebut. Atau ENDEUSiast bisa mencarinya di YouTube.

5/ Memilih Sendiri

Anak-anak suka ketika mereka diberi kekuatan dan kontrol, itu membuat mereka merasa seperti orang dewasa. Jadi, beri mereka pilihan mau makan sayuran apa. Ajak mereka pergi ke toko kelontong atau pasar dan biarkan dia membantu memilih sayuran.

6/ Tawarkan Sayuran A atau B

Saat makan, tawarkan dua pilihan sayuran berwarna dan tanyakan kepada anak-anak apakah mereka menginginkan brokoli atau wortel atau keduanya. Mereka akan selalu memilih lebih dari satu ketika diberi opsi. Ini adalah trik yang jitu.

7/ ENDEUSiast Harus Ikut Makan

Jadilah teladan yang positif dengan makan makanan yang sehat. Anak-anak biasanya tertarik makan apa yang orang tuanya makan. Oleh karena itu, coba contohkan makan kecambah, umbi-umbian, atau sayuran hijau di depan mereka.

8/ Ubah Anak Menjadi Koki

Salah satu senjata rahasia adalah melibatkan anak-anak di dapur. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang terlibat dalam persiapan makanan, seperti sayur-sayuran, mengembangkan lebih banyak sikap positif dan preferensi terhadap makanan-makanan itu.

9/ Sembunyikan Sayuran dalam Sup

Anak-anak tidak bisa mengeluh tentang kentang dalam sup mereka jika mereka tidak bisa melihat kentang. Begitu pula makanan lain. Kuncinya adalah membuat kuah yang cukup kental, supaya anak tidak sadar bahwa banyak sayur di dalamnya.

Jangan menyerah menawarkan makanan terhadap anak agar gizi mereka tercukupi. Untuk menu sup, ENDEUSiast bisa mencoba resepnya di sini .

Endeustorial

Ikuti Instagram