Jangan Lewatkan 8 Makanan Ini JIka Berkunjung Ke Cirebon!

"

Wisata kuliner saat akhir pekan kini sudah menjadi salah satu kegiatan favorit kaum urban. Tak hanya menikmati makanan yang ada disekitarnya, tetapi kegiatan wisata kuliner di kota lain dan berburu makanan khas kota tersebut adalah salah satu hal wajib bagi pemburu kuliner. Jika berkunjung ke Cirebon, pastikan mencoba 8 makanan khas ini.

1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Nasi putih dalam porsi kecil yang dibungkus dengan daun jati, disajikan dengan aneka lauk khas cirebon. Seperti Cumi Oli (cumi yang dimasak dengan tintanya), Sate udang, sate kentang, sate telur puyuh, aneka pepes, dan masih banyak lainnya. Nasi jamblang adalah salah satu makanan yang paling dicari oleh para pemburu kuliner. Tempat makan nasi jamblang di Cirebon buka dari pagi hingga sore hari. Bahkan ada pula yang buka selama 24 jam!

By Nasi Jamblang

2. Nasi Lengko

Nasi putih yang disajikan dengan irisan timun, toge rebus, tahu dan tempe goreng, lalu disiram dengan bumbu kacang yang gurih sedikit pedas. Dengan taburan potongan kucai dan bawang goreng yang menambah aroma dan rasa nasi lengko. Nasi lengko biasa disantap untuk sarapan.

By Nasi Lengko

3. Empal Gentong

Potongan daging sapi dengan kuah kuning kecokelatan, campuran dari kaldu sapai dengan bumbu dan rempah khas Cirebon. Disajikan dengan taburan kucai dan cabai bubuk yang merupakan ciri khas Cirebon. Selain daging sapi, jeroan sapi, seperti babat, usus, hati, juga menjadi pilihan isi dari empal gentong. Banyaknya tempat makan yang menjual empal gentong memberikan banyak pilihan bagi para pemburu kuliner untuk mencicipi empal gentong khas Cirebon.

By Empal Gentong

4. Empal Asem

Makanan dengan nama yang mirip dengan empal gentong inimemiliki rasa dan tampilan yang sangat berbeda. Seperti namanya, Empal Asem memiliki cita rasa asam segar yang berasal dari penambahan asam jawa, belimbing sayur ataupun tomat hijau dalam masakannya. Kuahnya yang bening kecokelatan dengan potongan daging sapi, irisan tomat dan taburan daun kucai sangat lezat disantap hangat. Seperti empal gentong, empal asem juga memiliki jeroan sebagai varian isinya.

By Empal Asem

5. Docang

Makanan klasik Cirebon yang terdiri dari lontong, daun singkong rebus, toge, sayur oncom dan kerupuk, dengan taburan kelapa parut. Docang merupakan singkatan dari Bodo Kacang, Bodo (Baceman/sayur) dari oncom dage/oncom gembus dan Kacang, yaitu kacang hijau yang dijadikan kecambah/toge. Makanan sederhana dengan rasa lezat ini banyak digemari untuk sarapan.

By Docang

6.Sate Kalong

Awalnya sate kalong hanya dibuat dengan daging kerbau dan dijual di malam hari, tetapi sekarang banyak yang menggunakan daging sapi dan dijual mulai sore hari. Rasanya yang gurih dan manis legit ini berasal dari campuran bumbu dan larutan gula merah yang dicampur dengan daging sebelum dibakar. Aroma bumbu yang manis gurih pun tercium saat sate dibakar. Sate kalong disajikan dengan irisan lontong, saus kacang dan kuah kaldu sisa rebusan daging.

By Sate Kalong

7. Mie Koclok

Mi berkuah khas Cirebon yang terdiri dari mi basah, kuah dari kaldu ayam berbumbu, taburan irisan kol, toge, daun bawang, suwiran ayam, irisan telur dan bawang goreng. Mi koclok merupakan singkatan dari “Mie Khasnya Orang Cirebon yang Lebih Okay”. Terdengar agak nyeleneh memang, tapi rasa gurih dan lezat dari kaldu ayam dan bumbu racikannya membuat mi koclok tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Cirebon.

By MIe Koclok

8. Bubur Sop Perpaduan unik dari bubur ayam dan kuah sup ayam. Bubur yang ditaburi suwiran ayam, irisan kol, suun, kacang kedelai goreng, seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Lalu disiram dengan kuah yang dibuat dari kaldu ayam dengan bumbu sederhana dan rasa merica yang kuat, sehingga terasa hangat saat disantap. Bubur ini sangat cocok dinikmati untuk sarapan, jadi wajib dimasukkan dalam agenda kuliner jika berkunjung ke Cirebon di pagi hari!

By Bubur Sop

"

Home
Pencarian
Profil
Lainnya

Login

Silahkan Login untuk menyimpan resep-resep kesukaan Anda.